Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang hingga 10 September Imbas Permasalahan E-Meterai

Ilustrasi pendaftaran CPNS 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pemerintah resmi memperpanjang proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga 10 September 2024. Perpanjangan ini dilakukan imbas dari pembelian e-meterai untuk syarat pendaftaran CPNS yang bermasalah.

Pendaftaran CPNS Ditutup Hari Ini, Berikut Daftar Instansi yang Ramai dan Sepi Peminat

Kepastian ini pun disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen.

"Inshaa Allah akan ada perpanjangan sampai tanggal 10 September 2024," ujar Suharmen saat dihubungi VIVA, Kamis, 5 September 2024. 

Pelamar CPNS 2024 Capai 3,2 Juta, Ini 10 Instansi Paling Diminati

Ilustrasi pembubuhan tanda tangan di e-meterai.

Photo :
  • istimewa

Sejatinya, pendaftaran CPNS akan berakhir pada Jumat, 6 September 2024. Namun, karena adanya permasalahan ini calon pelamar pun ramai-ramai menyerukan protes. Sebab dokumen dengan e-meterai merupakan salah satu syarat pendaftaran CPNS 2024. 

Kementerian ESDM Perpanjang Masa Pendaftaran dan Bolehkan Penggunaan Meterai Tempel

Suharmen menuturkan, terkait permasalahan pembelian e-meterai ini, Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya telah menghubungi dirinya untuk memberikan penjelasan. 

"Berdasarkan penjelasan Direktur Peruri tadi pagi ke saya, semalam sudah aktif tiga reseller dari tujuh reseller yang ada di Peruri," terangnya. 

Sebelumnya, di media sosial X, "Peruri" bertengger sebagai trending topic dengan lebih dari 18 ribu cuitan. Tidak hanya di platform X, protes juga membanjiri akun Instagram resmi Peruri.

Kekecewaan serupa juga diungkapkan oleh pengguna lain. "Lahh kocak.. Gue udah bayar e-materai nya ini gimana seehhhh? gue beli 5 ya.. Dikira duit gue banyak apaa heehhh.. Peruri kalo ngga siap ngga usah ngadain e-materai segala.. Mending tempel materai beli di kantor pos aja dah," tulis yang lainnya.

Pengguna lain juga mengeluhkan kurangnya informasi yang diberikan terkait proses antrian di website tersebut. "Halo @materaiid @peruri_id kami antri ga masalah, tapi minimal kasih kami info, kami dapet nomor antrian ke berapa? waktu tunggu kurang berapa lama lagi? saya membubuhkan e-meterai selasa, 03/09/2024 pukul 12.09 - 13.04 WIB tapi sampai saat ini status tetap PROSES," cuit netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya