UMKM Binaan BRI, MINIMIZU Bawa Keunikan Dekorasi Alam ke Pameran Kriyanusa 2024

UMKM binaan BRI
Sumber :
  • BRI

VIVA – Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN (RB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, yakni MINIMIZU ikut berpartisipasi menampilkan keunikan produknya di Kriyanusa, pameran kerajinan dan seni kriya yang dihelat paga 28 Agustus – 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dari Konten Kreator Jadi Pebisnis Sukses, Arief Muhammad Bongkar Trik Biar UMKM "Naik Kelas"

Brand di bidang seni kreatif yang berasal dari Ciputat Tangerang Selatan ini digagas oleh pasangan suami istri Bernama Agri dan Irna. Saat diwawancarai pada pameran, Irna menjelaskan bahwa MINIMIZU didirikan sejak 2020 yang bermula dari hobi sang suami.

J&T Gandeng 500 UMKM untuk Tingkatkan Bisnis di Era Digital dengan Cara Ini

“MINIMIZU sendiri produknya spesifik ke natural decoration atau home dekor yang semuanya serba natural,” ujarnya.

Terdapat beberapa macam produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini memproduksi produk unik yang menyediakan berbagai macam bentuk model dan design sesuai permintaan konsumen.

Hadapi Tantangan Perubahan Pasar, Ini Strategi BRI Perkuat Inovasi Dalam Transformasi Digital Perbankan!

Dijual secara offline dan online, MINIMIZU memiliki sistem pre-order, yang dikerjakan selama 5 hari hingga empat minggu tergantung volume dan tingkat kerumitan produk. Pasangan suami istri ini juga memberdayakan sebanyak empat karyawan di rumahnya untuk membantu proses produksi. Adapun produk yang paling unik, yakni paludarium yang merupakan gabungan antara air dengan darat, menampilkan hiasan setengah air dan di atasnya terdapat tanaman darat.

Irna pun bercerita, awal mula usahanya bergabung dengan Rumah BUMN BRI yakni melalui program inkubator bisnis bernama BRInkubator. Program ini merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha. MINIMIZU mendaftar dan mengikuti programnya pada tahun lalu, hingga berhasil menjuarai di Peringkat 1 di BRInkubator.

Ia melanjutkan, selama masa inkubasi yang memakan waktu satu bulan, UMKM diberikan pelatihan-pelatihan dan serangkaian test. Sejak saat itu, MINIMIZU mulai dikenal luas di pasaran karena BRI turut aktif mempromosikan produknya. Omzet yang dihasilkan pun mencapai puluhan juta dalam satu bulan.

“Dengan bergabung di Rumah BUMN BRI, produk kami jadi lebih banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Beberapa instansi juga mengontak apabila mereka membutuhkan dekorasi di kantor atau keperluan suvernir,” tambahnya.

Tak hanya itu, MINIMIZU juga telah berhasil ekspor ke Jepang dan Italia.

“Sejak bergabung dengan Rumah BUMN BRI lumayan banyak orderan. Semoga ke depannya terus berlanjut dan lebih banyak proyek kolaborasi,” ungkapnya.

Terkait partisipasi MINIMIZU pada ajang Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen nyata BRI dalam memberdayakan UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan UMKM naik kelas hingga pasar global.

“Harapannya dengan adanya event berskala nasional seperti ini akan terus membuka akses dan kesempatan kepada para pelaku UMKM yang ujungnya dapat membuat mereka naik kelas,” ucapnya.

Adapun UMKM yang bergabung dalam pameran Kriyanusa mencapai 420 stan kriya, di antaranya 30% berasal dari pengrajin muda, kemudian ada 24 stan kuliner. Pameran yang tahun ini mengangkat ikon kebudayaan Kalimantan Timur tersebut dimeriahkan dengan berbagai acara seperti pameran, fashion show, talk show, dan lokakarya, serta musik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya