Kementan Berkomitmen Memacu Teknologi Digitalisasi di Sektor Pertanian

Plt. Sekretaris Jenderal Kementan RI, Ali Jamil
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus memacu pemanfaatan digitalisasi sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi nasional. Ekosistem digital dinilai menjadi penentu bagi ketahanan pangan dan smart farming 4.0 terutama dalam menghadapi industri pertanian yang terus berkembang.

Melalui ”Klasterku Hidupku”, BRI Dampingi Klaster Jeruk Semboro Terapkan Pertanian Berkelanjutan

Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Ali Jamil mengatakan bahwa teknologi dan digitalisasi sejauh ini mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas dan keberlanjutan dalam proses produksi sekaligus memberikan keuntungan kompetitif bagi para pelaku industri pertanian.

"Yang pasti, sistem pertanian yang terintegrasi dengan teknologi digital mampu meningkatkan semuanya, termasuk juga peningkatan produktivitas dan keberlanjutan," ujar Ali Jamil saat meresmikan pembukaan pameran Growtech Jakarta dan Propak Indonesia 2024 di JiExpo Kemayoran, Rabu, 4 September 2024.

Bursa Asia Tangguh Ditopang Reli Saham Teknologi yang Terjadi Wall Street

Plt. Sekretaris Jenderal Kementan RI, Ali Jamil

Photo :
  • Dok. Istimewa

Sebagai gambaran, kata Ali Jamil, Indonesia saat ini tengah dilanda krisis kekeringan panjang akibat gelombang panas paling ganas. Sejalan dengan hal ini, laporan IPCC menunjukkan bahwa perubahan iklim berpotensi meningkatkan kerusakan tanaman hingga 20 persen pada tahun 2050.

Ada K/L Baru di Pemerintahan Prabowo, Thomas Djiwandono Ungkap Anggarannya Sudah Ada di RAPBN 2025

"Sementara WRI (World Resources Institute) memperkirakan bahwa produksi pangan dunia perlu meningkat hingga 100 persen untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 9 miliar penduduk dunia di tahun tersebut. Karena itu, smart Farming 4.0 menjadi solusi kunci dalam menghadapi tantangan ini," katanya.

Sebagai informasi, pamrran inovasi teknologi ini akan menghadirkan alat mesin pertanian Drone Sprayer, Paper Packaging Maker dari berbagai perusahaan. "Sektor pertanian merupakan fokus utama pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTANI) Mindo Sianipar mengatakan bahwa kolaborasi antara teknologi sprayer dan drone dapat memungkinkan penyemprotan dilakukan dengan lebih cepat dan tepat, sehingga meningkatkan efisiensi proses pertanian.

"Kami berkomitmen terus mendukung upaya setiap anggota dalam meningkatkan level mekanisasi pertanian dengan mengolaborasikan alat dan mesin pertanian dengan teknologi terbaru. Pameran industri terpadu ini dapat memberikan gambaran masa depan teknologi pertanian di Indonesia, yang kelak membawa ke era baru dalam efisiensi dan keberlanjutan," katanya.

Seperti diketahui, pameran Growtech Jakarta dan ProPak Indonesia 2024 digelar oleh Pamerindo Indonesia yang mana pameran industri terpadu ini menghadirkan solusi teknologi pertanian serta pemrosesan dan pengemasan berskala internasional. Pameran yang mengusung konsep, ‘From Farm to Table’ dan akan berlangsung di JIExpo Kemayoran hingga 6 September ini, menjadi platform utama bagi para pelaku industri untuk bertemu, berbagi pengetahuan, dan menjalin kemitraan strategis.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pada kesempatan sebelumnya mengatakan bahwa saat ini transformasi teknologi modern terus dilakukan untuk memangkas biaya produksi hingga 50 persen. Dia ingin, pertanian modern menjadi contoh naiknya produksi di masa mendatang.

"Saat ini kami sudah membangun klaster pertanian modern yang semuanya serba teknologi dan serba digitalisasi. Upaya ini terus dilakukan secara merata di seluruh Indonesia," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya