Peruri Buka Suara soal Sistem E-Meterai Syarat CASN Dibanjiri Protes

e-Materai.
Sumber :
  • Google

Jakarta, VIVA – Pembelian meterai elektronik alias e-meterai di website sistem meterai elektronik yang dikelola oleh Perum Peruri, tengah banyak diprotes oleh warganet.

Drama Produksi Uang Rupiah Kertas di Pabrik Peruri, Sekali Cetak Butuh 1 Bulan Lebih

Sebab, banyak dari para Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 yang mengeluhkan mengenai ketidaksiapan sistem e-meterai, saat mereka membutuhkannya untuk mengikuti prosedur pendaftaran CASN 2024 tersebut.

Menanggapi hal itu, Head of Corporate Secretary Peruri, Adi Sunardi mengatakan, dalam mempersiapkan kebutuhan pengguna e-meterai bagi pendaftaran CASN 2024, Peruri telah melakukan penyiapan dan peningkatan kapasitas infrastuktue.

Menlu AS Berang Israel Bunuh Aktivis Amerika saat Demo di Tepi Barat

[dok. Humas Peruri]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Serta menyediakan website khusus pembelian e-meterai untuk mengakomodir kebutuhan pendaftaran CASN 2024," kata Adi dalam keterangannya, Rabu, 4 September 2024.

Layanan E-Meterai Eror, Wamen BUMN: Infrastruktur Peruri Bakal Ditingkatkan

Namun, melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran CASN, Adi mengakui bahwa website layanan e-meterai mengalami lonjakan penggunaan.

Sehingga, hal itu mengakibatkan adanya antrean yang cukup panjang bagi pengguna yang ingin mengakses layanan e-meterai.

Gedung peruri.

Photo :
  • istimewa

"Hal ini mengakibatkan perlambatan pelayanan e-meterai melalui website dimaksud," ujar Adi.

Atas kondisi yang dimaksud, Peruri pun menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam proses pembelian dan pembubuhan meterai elektronik (e-meterai), khususnya dalam proses pendaftaran CASN 2024.

"Saat ini kami sedang melakukan upaya terbaik untuk memulihkan kualitas layanan agar website meterai elektronik dapat berfungsi secara penuh kembali oleh seluruh pelamar CASN 2024," kata Adi.

"Kami akan memberikan informasi lebih lanjut terkait update layanan e-meterai secara berkala sebagai bagian keterbukaan informasi kepada publik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya