Pembelian e-Meterai untuk Daftar CASN 2024 Bermasalah, Peruri Banjir Protes Netizen

Ilustrasi pendaftaran CPNS 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pembelian meterai elektronik alias e-meterai di website sistem meterai elektronik yang dikelola oleh Perum Peruri tengah bermasalah. Akibatnya, banyak netizen yang menuliskan protes kepada Peruri di media sosial.

Drama Produksi Uang Rupiah Kertas di Pabrik Peruri, Sekali Cetak Butuh 1 Bulan Lebih

Di media sosial X, "Peruri" bertengger sebagai trending topic dengan lebih dari 18 ribu cuitan. Tidak hanya di platform X, protes juga membanjiri akun Instagram resmi Peruri.

Sebagaimana diketahui, meterai elektronik atau e-meterai menjadi bagian penting dalam proses pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Namun, ketidaksiapan sistem, membuat banyak peserta pendaftaran marah.

Layanan E-Meterai Eror, Wamen BUMN: Infrastruktur Peruri Bakal Ditingkatkan

Ilustrasi pembubuhan tanda tangan di e-meterai.

Photo :
  • istimewa

Apalagi, tenggat waktu pendaftaran yang semakin dekat, yakni 6 September 2024. "Padahal sudah ada ematerai nya tapi dibilang ga ada materai elektroniknya, gimana ini? Perjuangan sampai berhasil membubuhkan aja penuh drama, setelah berhasilpun mau diunggah malah begini. Solusinya gimana?" tulis salah satu akun di X, seperti dikutip pada Rabu, 4 September 2024.

Pendaftaran CPNS Diperpanjang karena E-Meterai, Jokowi Disebut Sering Naik Innova Zenix

Kekecewaan serupa juga diungkapkan oleh pengguna lain. "Lahh kocak.. Gue udah bayar e-materai nya ini gimana seehhhh? gue beli 5 ya.. Dikira duit gue banyak apaa heehhh.. Peruri kalo ngga siap ngga usah ngadain e-materai segala.. Mending tempel materai beli di kantor pos aja dah," tulis yang lainnya.

Pengguna lain juga mengeluhkan kurangnya informasi yang diberikan terkait proses antrian di website tersebut. "Halo @materaiid @peruri_id kami antri ga masalah, tapi minimal kasih kami info, kami dapet nomor antrian ke berapa? waktu tunggu kurang berapa lama lagi? saya membubuhkan e-meterai selasa, 03/09/2024 pukul 12.09 - 13.04 WIB tapi sampai saat ini status tetap PROSES," cuit netizen.

Selain di media sosial X, akun Instagram Peruri juga dibanjiri protes dari netizen. "Kalo ga bisa buat web yang becus, minimal jangan ngerugiin orang banyak. Masa komennya sama semua gini pada error lah, kehilangan e-meterai padahal udah beli, pake duit loh itu coba mikir," kata netizen di salah satu postingan akun Instagram Peruri.

Menanggapi hal ini, Peruri, melalui akun resminya di Instagram, menyampaikan bahwa gangguan terjadi akibat lonjakan traffic yang sangat tinggi dalam proses pendaftaran CASN 2024.

"Kami sampaikan bahwa para pendaftar CASN agar terus mengakses website meterai elektronik secara berkala," tulis pihak Peruri dalam unggahan tersebut.

Pihak Peruri juga menjelaskan bahwa e-meterai yang sudah dibeli tidak akan hilang. "Saat ini kami terus melakukan upaya terbaik untuk memulihkan layanan agar website dapat segera diakses kembali oleh seluruh pelamar CASN 2024."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya