Sri Mulyani Revisi Naik Target PNBP 2025, Dividen BUMN Jadi Rp 90 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menaikkan target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2025 menjadi Rp 513,64 triliun. Jumlah ini lebih tinggi Rp 8,26 triliun dari Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Wamen Thomas Bebebrkan Isi Pertemuan Prabowo dan Sri Mulyani

Sri Mulyani menjelaskan, direvisinya target PNBP tersebut karena diperkirakan setoran dividen BUMN akan naik Rp 4 triliun pada 2025 menjadi Rp 90 triliun.

“Proyeksi peningkatan kinerja dari BUMN yang akan menimbulkan kenaikan dividen yang akan dibayarkan oleh BUMN sebesar Rp 4 triliun. Sehingga totalnya naik menjadi Rp 90 triliun, ini yang akan menjadi tambahan dari pendapatan KND (Kekayaan Negara Dipisahkan) dari Rp 86 triliun ke Rp 90 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Banggar DPR RI, di Jakarta, Rabu, 4 September 2024.

Sri Mulyani Ditawari Gabung Kabinet Prabowo? Ini Kata Thomas Djiwandono

Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat bareng Badan Anggaran DPR RI

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan, terdapat kenaikan pos PNBP lain senilai Rp 4,26 triliun. Dalam hal ini, disumbang dari kenaikan PNBP dari sejumlah kementerian dan lembaga (K/L).

Wamen BUMN Ungkap Alasan Erick Thohir Copot Bayu Krisnamurthi dari Dirut Bulog

Dia menjelaskan, kenaikan PNBP disumbang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebesar Rp 510 miliar, Polri senilai Rp 2,59 triliun. Kemudian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) PNBP naik Rp 890 miliar, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terdapat kenaikan PNBP menjadi Rp 260 miliar.

Sehingga secara keseluruhan, target PNBP di 2025 dipatok sebesar Rp 513,64 triliun, atau naik Rp 8,26 triliun dari rencana sebelumnya Rp 505,38 triliun.

“Dengan demikian, dari sisi PNBP ada kenaikan Rp 8,26 triliun dari kekayaan negara dipisahkan sebesar Rp 4 triliun dan PNBP dari kementerian lembaga sebesar Rp 4,26 triliun,” imbuhnya.

Kerja sama IFG dan Telkomsel.

IFG dan Telkomsel Genjot Pengembangan Ekosistem Digital Layanan Keuangan

Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga mengungkapkan, melalui kerja sama ini, IFG dan Telkomsel akan mengekplorasi potensi peningkatan inklusi keuangan digital.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024