Tingkatkan Pengelolaan Dana Pensiun, Taspen Bersinergi dengan NSAF Kamboja

Taspen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – PT Taspen (Persero) menerima kunjungan dari lembaga publik pengelola Jaminan Sosial Nasional dari Kamboja, yakni National Social Assistance Fund (NSAF). Pada pertemuan ini keduanya membahas mengenai pengelolaan dana pensiun hingga inovasi layanan di masing-masing negara.

Heboh! Tina Toon Diteror Pinjol

Corporate Secretary Taspen, Pudiastuti Citra Adi mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk terus memperluas jaringan kemitraan dengan lembaga dan institusi, baik di tingkat nasional maupun internasional, guna mengoptimalkan sinergi dan inovasi dalam pengelolaan Dana Pensiun di Indonesia. 

“Kunjungan dari NSAF Kamboja ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi Taspen dalam mempererat hubungan dua negara untuk mencapai tujuan bersama dalam pengelolaan jaminan sosial. Taspen percaya dengan kemitraan yang sudah terjalin dengan NSAF Kamboja, dapat membawa manfaat yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi ACSPA," kata Pudiastuti dalam keterangannya Selasa, 3 September 2024.

Mau Dapat Dana Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan? Simak Syarat dan Tata Caranya

Layanan Khusus Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

Pudiastuti menuturkan, pada kesempatan ini baik delegasi NSAF Kamboja maupun Taspen saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengelolaan dana pensiun, asuransi sosial, dan inovasi layanan di masing-masing negara. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi kedua pihak untuk mengadopsi teknologi, proses bisnis, dan strategi baru guna meningkatkan kualitas produk atau layanan. 

7 Gaya Hidup Ini Bisa Bikin Anda Terlilit Utang Pinjol, Waspada Sebelum Terlambat

"Melalui sinergi dengan NSAF Kamboja ini, akan memperkuat upaya TASPEN dalam mewujudkan kesejahteraan para peserta yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang Andal kepada ASN dan Pensiunan di Indonesia," jelasnya.

Adapun pada tahun 2023, Taspen berhasil membawa nama baik Indonesia dengan terpilih sebagai Ketua Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) yang pertama untuk periode Januari 2023-Desember 2024. 

ACSPA merupakan Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial Asia yang beranggotakan berbagai negara di Asia, antara lain PT TASPEN (Persero) Indonesia, Government Employees Pension Service (GEPS) Korea Selatan, Government Service Insurance System (GSIS) Filipina, Government Pension Fund (GPF) Thailand dan National Social Assistance Fund (NSAF) Kamboja. Selain itu, TASPEN juga terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang digelar pada tanggal 31 Agustus-1 September 2023 di Jakarta. 

Sementara itu, Deputy Director General of NSAF Khem Sam Ath menyampaikan apresiasi tertinggi kepada TASPEN atas sambutan yang luar biasa dalam meningkatkan Jaminan Sosial dan Dana Pensiun di Asia. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pengelola Jaminan Sosial dan Dana Pensiun untuk menjalin hubungan yang baik, memahami perkembangan terbaru tentang reformasi pengelolaan Jaminan Sosial bagi ASN, Veteran dan menemukan penyelesaian masalah secara bersama-sama dengan menerapkan strategi inovasi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun bagi ASN di Asia," jelasnya.

Taspen

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Sebagai Lembaga Jaminan Sosial Nasional, NSAF Kamboja merupakan Dana Jaminan Sosial Nasional yang mengintegrasikan tiga lembaga yang ada yaitu Dana Nasional untuk Veteran, Dana Jaminan Sosial Nasional untuk Pegawai Negeri Sipil, dan sebagian besar dari Departemen Kesejahteraan Sosial Kementerian Urusan Sosial, Veteran, dan Rehabilitasi Pemuda. 

NSAF Kamboja berfokus pada pengelolaan pensiun Pegawai Negeri Sipil dan Pensiun Veteran di Kamboja. Perusahaan ini memiliki misi, peran, tanggung jawab, dan fungsi untuk memberikan bantuan sosial dan intervensi Jaminan Sosial kepada Pegawai Negeri Sipil dan Veteran serta tunjangan kepada peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya