Ma’ruf Amin: Ekonomi Syariah Topang 23 Persen Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Ma’ruf Amin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut, sektor keuangan syariah telah menopang 23 persen dari perekonomian nasional. Hal ini seiring ekonomi dan keuangan syariah Indonesia terus merangkak naik dari sebelumnya ada di posisi ke 10 kini ada di posisi ketiga. 

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Ma’ruf mengatakan, kinerja positif ekonomi dan keuangan syariah didorong oleh pertumbuhan sektor unggulan rantai nilai halal yang sebesar 3,93 persen.

"Bahkan sektor ini pun mampu menopang hampir 23 persen dari ekonomi nasional. Selain itu perkembangan keuangan syariah juga ditandai dengan meningkatnya aset dan diversifikasi lembaga keuangan syariah," ujar Ma’ruf dalam acara Sharia Economy and Finance: Policies for the Prabowo Government Selasa, 3 September 2024.

Pramono Sebut Jokowi Siapkan Blueprint Transisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ekonomi Syariah memiliki potensi yang besar

Photo :
  • vstory

Ma’ruf menuturkan, aset pasar modal syariah saat ini sudah mencapai 20 persen dari total aset. Menurutnya, dengan berbagi capaian tersebut dia berharap pemerintahan selanjutnya, Prabowo-Gibran dapat melanjutkan.

Sidang Kabinet Terakhir di IKN, Ma’ruf Amin Ungkap Obrolan dengan Prabowo

"Saya harap hal ini menjadi landasan kuat bagi keberlanjutan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah pada masa kepemimpinan yang akan datang," jelasnya.

Ekonomi syariah.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Lebih lanjut, Ma’ruf memperkirakan pada tahun 2030 kontribusi ekonomi syariah terhadap PDB nasional akan mencapai US$10 miliar atau setara dengan 1,5 persen PDB nasional. 

"Selain itu, ekonomi syariah di masa mendatang akan melaju kencang seiring perkembangan digitalisasi dan selaras dengan konsep ekonomi hijau yang mengutamakan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya