5 Keuntungan Pakai Pinjaman Online Dibanding Pinjaman Bank

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Di era digital seperti sekarang, ada beberapa layanan finansial yang semakin memudahkan masyarakat, salah satunya pinjaman online. Layanan satu ini memiliki beragam keuntungan yang bisa didapatkan, apabila digunakan dengan bijak.

KTP Dipinjam Teman untuk Pinjaman Online, Siap-siap Dampak Buruk Mengintai!

Salah satu keunggulan utama dari jenis pinjaman ini adalah proses pengajuan yang sangat mudah serta waktu verifikasi yang cepat dan efisien. Sebab itu, orang yang mengajukan pinjaman online, dapat dengan segera menerima dana yang dipinjam untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak.

Selain itu, pinjaman online juga kebanyakan tidak mewajibkan calon peminjam untuk memberikan jaminan atau agunan seperti yang biasa terjadi jika meminjam di bank. Meski begitu, sebelum meminjam, masyarakat perlu membaca dengan teliti tentang syarat, perjanjian, hingga biaya-biaya lain seperti suku bunga harian, bulanan hingga biaya administrasi dan denda keterlambatan.

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Jangan sampai, kemudahan pencairan dana di awal, membuat Anda kesulitan membayar dan justru membebani finansial Anda di masa depan. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan layanan pinjaman online yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keuntungan pinjaman online

Ajukan Pinjaman Online Harus Pakai KTP, Apa Aman?

Ilustrasi transfer antarbank.

Photo :
  • JagaJaga

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari layanan pinjaman online dibandingkan pinjaman konvensional:

1. Proses Pengajuan yang Mudah dan Cepat

Pinjaman online memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman hanya melalui aplikasi atau situs web tanpa perlu datang langsung ke kantor. Proses pengajuannya pun bisa dilakukan kapan saja, tanpa terbatas waktu operasional.

Ilustrasi pinjaman online.

Photo :

2. Tanpa Jaminan

Kebanyakan layanan pinjaman online tidak mewajibkan agunan. Hal ini memudahkan banyak orang yang tidak memiliki aset untuk dijaminkan, sehingga lebih mudah mengakses dana pinjaman.

3. Pencairan Dana yang Cepat

Berbeda dengan pinjaman konvensional yang memerlukan waktu lebih lama, pinjaman online biasanya menawarkan pencairan dana yang cepat, bahkan dalam hitungan menit atau jam setelah pengajuan disetujui.

4. Syarat yang Simpel

Pinjaman online biasanya hanya memerlukan beberapa dokumen dasar seperti KTP dan slip gaji, sehingga lebih mudah dipenuhi dibandingkan pinjaman konvensional yang memerlukan lebih banyak dokumen dan prosedur.

5. Mudah Diakses

Pengajuan syarat yang lebih mudah dan proses cepat, membuat pinjaman online lebih inklusif, dan memungkinkan lebih banyak orang dari berbagai latar belakang ekonomi untuk mengakses layanan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya