Arutmin Latih UMKM Strategi Branding Produk Genjot Pengembangan Desa

Pelatihan UMKM Arutmin.
Sumber :
  • Dokumentasi Arutmin.

Jakarta, VIVA – Anak Usaha Bumi Resources (BUMI), PT Arutmin Indonesia Tambang Satui berupaya mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Khususnya di Kecamatan Satui, Kalimantan Selatan dengan mengadakan pelatihan “Kelas UMKM” yang mengusung tema Strategi Branding Produk UMKM.

VIP Voucher Ramaikan Festival Bazar UMKM di Balai Budaya Pandeglang

Mine Manager Satui Cipto Prayitno mengungkapkan, pelatihan Strategi Branding ini dihadiri para pelaku pelaku UMKM Kecamatan Satui melibatkan narasumber yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang.

“PT Arutmin Indonesia Tambang Satui berupaya membantu pelaku UMKM  melalui pelatihan, dan pengetahuan pembuatan kemasan produk yang lebih menarik serta tempat penjualan yang bisa diakses oleh semua orang, melalui Galeri UMKM Satui,” ucap Cipto dikutip dari keterangannya, Selasa, 3 September 2024.

Omzet Meroket Tajam, UMKM ini Beberkan Kunci Cuan di Tengah Persaingan Platform Digital

Galeri UMKM Satui ini lanjutnya, menyediakan berbagai produk lokal buatan masyarakat Satui, misalnya oleh-oleh khas Satui seperti makanan ringan, susu, telur ayam, dan kerajinan Sasirangan.

Safety Briefing sudah menjadi budaya kerja di KPC dan Arutmin (anak usaha Bumi Resources).

Photo :
  • Dok. BUMI
Berkat Fitur Live Streaming Shopee 9.9 Super Shopping Day, Penjualan Brand Lokal Melonjak 5x Lipat

 “Arutmin memiliki komitmen untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar tambang yang kondusif dan memenuhi standar kualitas hidup,” tambahnya.

Pelatihan pengembangan UMKM bagi warga sekitar tambang ini, tidak hanya membahas cara memasarkan produk namun juga bagaimana pelaku UMKM ini memiliki identitas melalui produk yang dihasilkan dan mampu menggunakan e-Commerce yang membantu memperluas pemasaran.

Pelatihan UMKM Arutmin.

Photo :
  • Dokumentasi Arutmin.

Beberapa materi dalam pelatihan meliputi teknik menciptakan identitas brand yang kuat, menciptakan diferensiasi produk, membuat kemasan yang efektif, menjalin hubungan dengan konsumen, menggunakan distribusi yang strategis, melakukan kampanye marketing, serta kemampuan beradaptasi dan berinovasi dengan melibatkan komunitas.

Peningkatan kualitas hidup masyarakat di lingkar tambang, menjadi salah satu komitmen PT Arutmin Indonesia (Arutmin) dalam menjaga keberlanjutan. Keberlanjutan dilakukan melalui berbagai Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang memperkuat kerja sama dengan pemerintah, karyawan dan masyarakat lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya