Cara Hitung Cicilan Pinjaman Online

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA – Pinjaman online kini menjadi pilihan populer untuk memenuhi kebutuhan finansial mendesak. Namun, penting bagi calon peminjam untuk memahami bagaimana cara menghitung cicilannya agar tidak terjebak dalam utang yang sulit dilunasi. 

KTP Dipinjam Teman untuk Pinjaman Online, Siap-siap Dampak Buruk Mengintai!

Sebab, meminjam uang tanpa memahami besaran cicilan yang harus dibayar setiap bulannya, bisa berakibat fatal pada kesehatan finansial. Sebab, mengetahui cara menghitung cicilan pinjaman online adalah langkah awal yang bijak sebelum mengambil keputusan untuk meminjam.

Ketika mempertimbangkan pinjaman online, beberapa faktor harus diperhatikan, seperti jumlah pinjaman, tenor atau jangka waktu pembayaran, serta suku bunga yang diterapkan oleh pemberi pinjaman. Semua elemen ini akan mempengaruhi jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. 

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Pemahaman yang tepat tentang cara menghitung cicilan akan membantu Anda merencanakan anggaran bulanan dengan lebih baik, sehingga dapat menghindari risiko keterlambatan pembayaran atau gagal bayar.

Selain itu, penting untuk menyadari bahwa suku bunga pinjaman online sering kali lebih tinggi dibandingkan pinjaman konvensional, terutama jika skor kredit peminjam kurang baik. Nah, maka sebelum memutuskan untuk meminjam, pastikan Anda sudah memperhitungkan dengan matang kemampuan finansial untuk membayar cicilan secara rutin.

Ajukan Pinjaman Online Harus Pakai KTP, Apa Aman?

Cara menghitung jumlah cicilan pinjaman online

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels

1. Jumlah pinjaman

Tentukan jumlah uang yang akan Anda pinjam. Ini menjadi dasar untuk menghitung total bunga dan cicilan.

2. Tenor

Pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Tenor yang lebih lama biasanya berarti cicilan bulanan lebih rendah, tetapi total bunga yang dibayarkan akan lebih besar.

3. Ketahui bunga harian pinjaman online

Periksa suku bunga yang ditawarkan oleh layanan pinjaman online. Biasanya, bunga dihitung harian, dan informasi ini dapat ditemukan di situs web resmi penyedia layanan.

4. Pakai simulasi kredit

Gunakan alat simulasi kredit yang biasanya disediakan oleh platform pinjaman online. Misalnya, jika Anda ingin meminjam Rp10 juta dengan tenor enam bulan di aplikasi Julo, berdasarkan simulasi kredit di situs mereka, Anda perlu membayar sekitar Rp1,96 juta per bulan.

Itulah cara menghitung cicilan pinjaman online. Mengikuti langkah-langkah tadi, Anda bisa lebih bijak dalam meminjam uang secara online dan memastikan bahwa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya