Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta, Okupansi Hotel di Sekitar GBK Naik 25 Persen

Paus Fransiskus (Doc: Media Vatikan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA - Pemimpin tertinggi gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan melakukan lawatan ke Indonesia. Dia dijadwalkan tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024, dan akan melakukan serangkaian kegiatan pada 3-6 September 2024.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Merespons hal ini, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono mengatakan adanya kunjungan Paus Fransiskus ke RI ini membuat okupansi hotel naik hingga 25 persen.

"Ada peningkatan lah karena kan itu banyak yang datang ke sini untuk bisa mengikuti acaranya Paus. (Kenaikan) antara 15 sampai 25 persen," ujar Sutrisno saat dihubungi VIVA Senin, 2 September 2024.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Sutrisno menuturkan, orang yang menginap di Jakarta rata-rata berada di hotel di sekitaran GBK. Sebab diketahui, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar atau misa agung di GBK pada 5 September mendatang.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

"Itu ada di sekitar acara itu (GBK). Tapi juga ada di tempat lain karena ini tidak hanya di bintang tiga, empat, lima kan tapi ada juga yang lebih kecil," jelasnya.

Adapun untuk rata-rata lama tinggal Sutrisno menyampaikan bahwa paling banyak satu hari sebelum acara. "Biasanya sih satu hari sebelum sampai satu hari sesudah," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menduga bahwa orang Indonesia yang menginap di Jakarta paling banyak di hotel bintang tiga. Sedangkan wisatawan asing paling banyak di bintang empat.

"Kita tidak punya data mengenai itu, tapi saya menduganya kalau dalam negeri bintang tiga, kalau dari luar negeri mungkin bintang empat," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya