BPS: Harga Beras Agustus 2024 Naik 11,19 Persen

Harga beras naik
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, harga beras di penggilingan pada Agustus 2024 mengalami kenaikan sebesar 11,19 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini.

Bursa Asia Berjatuhan Efek Reaksi Investor Terhadap Laporan Inflasi India

Pudji mengatakan, untuk harga Gabah Kering Panen (GKP) turun sebesar 1,15 persen secara bulanan atau month to month (mtm). Namun, secara tahunan naik 10,10 persen. 

"Sementara itu untuk harga beras di penggilingan pada Agustus 2024 turun 0,07 persen secara mtm. Dan naik sebesar 11,19 persen secara yoy," kata Pudji dalam konferensi pers Senin, 2 September 2024.

Bursa Asia Anjlok Setelah AS Rilis Data Pekerja, Jepang Pimpin Penurunan

Harga beras melambung tinggi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pudji melanjutkan, untuk harga Gabah Kering Giling (GKG) pada Agustus 2024 ini naik sebesar 0,14 persen secara mtm. Dan naik 6,17 persen secara yoy.

Daftar Harga Pangan 5 September 2024: Beras hingga Cabai Rawit Naik

Adapun untuk tingkat inflasi, BPS mencatat bahwa inflasi beras di grosir mengalami inflasi sebesar 0,21 persen secara bulanan. Sedangkan secara tahunan inflasi sebesar 10,88 persen.

Beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

"Sementara di tingkat eceran mengalami inflasi sebesar 0,31 persen secara mtm, dan sebesar 11,56 persen secara yoy," jelasnya.

Dia menegaskan, harga beras tersebut merupakan harga rata-rata beras yang mencakup seluruh wilayah Indonesia. Serta merupakan harga rata-rata beras untuk berbagai kualitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya