Kesepakatan Bisnis dalam Indonesia Africa Forum 2024 Bali Capai US$3,5 Miliar, Naik 600 Persen

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Forum penguatan ekonomi Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 terjadi sejumlah kesepakatan bisnis mencapai US$3,5 miliar. Nilai tersebut naik 600 persen dibanding pertemuan di tahun 2018, kesepakatan bisnis tercapai sebesar USD568 juta.

Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Daerah

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani dalam konferensi pers Indonesia Afrika Forum (IAF) ke-2 dan HLF MSP 2024 di Media Center, BNDCC Nusa Dua Bali, Minggu, 1 September 2024.

"Kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika mengalami peningkatan dari waktu ke waktu," kata Abdul Kadir Jailani.

Dihadiri 21 Pengurus Provinsi, Munaslub Kadin Digelar Hari Ini

Kerja sama dilakukan untuk berbagai sektor seperti ekspor vaksin di 41 negara Afrika, pembuatan pabrik mie instan hingga ekspor di bidang pertanian.

Ilustrasi Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jumlah Pekerja Kena PHK di Indonesia Naik 21,45 Persen, DKI Jakarta Paling Banyak

"Hubungan politik Indonesia Afrika sudah terjalin sejak 1955. Kita rubah persepsi tentang Afrika. Afrika bukan lagi soal kemiskinan, bukan konflik, tapi sesuatu yang telah berubah," kata Abdul.

Dikatakan Abdul, sejumlah kesepakatan yang terjadi dalam forum tahun ini diantaranya, pengembangan Geothermal antara PT PLN bersama Tanesco Tanzania, dan kerja sama transfer teknologi kesehatan antara Bio Farma dengan Atlantic Life Science Gana.

Kerja sama di bidang industri farmasi itu, kata Abdul, dibutuhkan oleh negara-negara di Afrika terutama transfer keahlian teknologi farmasi yang dimiliki oleh Indonesia.

Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tahun ini jumlah kesepakatan lebih banyak, termasuk bidang kedirgantaraan tentang pembelian dan perawatan pesawat oleh Kongo dan Senegal," kata Abdul.

Menurut Abdul, forum tahun ini menjadi pengejawantahan Bandung Spirit yang secara khusus menitikberatkan pada kolaborasi ekonomi.

Indonesia Afrika Forum (IAF) ke-2 dan HLF MSP 2024 digelar di Bali pada 1-3 September 2024. Forum ini dihadiri 1.450 peserta dari 55 negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya