Hashim: Prabowo Akan Bangun Apartemen di Atas 153 Pasar di Jakarta 

Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo
Sumber :
  • Ist

Jakarta, VIVA – Presiden terpilih Prabowo Subianto akan membangun apartemen di atas 153 pasar yang ada di wilayah Jakarta. 153 pasar tersebut berada di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya yang merupakan BUMD DKI Jakarta.  

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan membangun 1 juta unit apartemen di perkotaan, dan 2 juta rumah di pedesaan setiap tahun di era pemerintahannya. 

"Bahwa di DKJ, sekarang bukan DKI lagi tapi DKJ Jakarta, terdapat 153 pasar milik Pasar Jaya," kata Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Prabowo-Gibran Hashim Djojohadikusumo dalam 'Future of Indonesia Dialogue' yang diselenggarakan APEC Business Advisory Council (ABAC) di Senayan, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2024.

KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran soal Pemberantasan Korupsi

Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo

Photo :
  • ist

Hashim menerangkan ide membangun apartemen diatas pasar-pasar milik PD Pasar Jaya ini bukan hal yang baru. Menurutnya, persoalan yang sering dihadapi dalam urusan perumahan di kota-kota besar di Jakarta adalah masalah tanah. 

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Ia melihat ada potensi lahan milik negara di 153 pasar dibawah PD Pasar Jaya, yang bisa dimaksimalkan untuk dibangun perumahan rakyat diatas pasar-pasar tersebut.

"Karena masalahnya yang selalu dihadapi masalah tanah, kalau kita mau cepat bergerak, mana ada lahan milik negara, dan lahan milik negara akan diutamakan untuk perumahan sosial, perumahan rakyat," ujarnya

Nantinya, terang Hashim, pembangunan ini akan dikerjasamakan dengan pemerintah pusat, seperti Perumnas, untuk pengembangan apartemen di atas pasar-pasar di Jakarta. 

"Pedagang pasar akan menikmati 1-2-3 lantai di setiap Pasar Jaya. Ada listrik, AC dan internet connection, diatas itu (pasar), akan bangun tower-tower, mungkin nanti tedapat 193 tower atau komplek tower di Jakarta," papar Hashim yang merupakan adik dari Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kalau di setiap Pasar Jaya bisa menampung seribu unit apartemen, terserah nanti konstruksi, itu berarti 153 ribu warga kita bisa sediakan perumahan yang bagus," sambungnya

Lebih jauh, pria yang juga politikus Gerindra itu menekankan bahwa komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menghapus tempat-tempat kumuh di perkotaan. 

"Pak Prabowo sering menyampaikan dia bertekad memberantas, menghapus tempat-tempat kumuh di kota-kota di Indonesia termasuk Jakarta," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya