Warga RI yang Bakal Masuk Kategori Doyan Belanja Bertambah Jadi 137,5 Juta Orang

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay/ Preis_King

Jakarta, VIVA – Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti menyebut, masyarakat kelas menengah menjadi pendorong terbesar pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena kelompok masyarakat ini menjadi pebelanja terbesar dan pebelanja tercepat.

Rencana KRL Pakai NIK Berisiko Turunkan Kesejahteraan Kelas Menengah

"Jadi mengapa kelas menengah itu bisa menjadikan bantalan perekonomian? Karena dia adalah fast spender, big spender. Cepat mulainya dan juga dia senang spending dan juga cepat mengeluarkannya," kata Amalia di Kantor BPS, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024.

Amalia menuturkan, untuk proporsi kelas menengah pada tahun 2024 sebesar 17,13 persen atau sebanyak 47,85 juta orang. Sedangkan penduduk menuju kelas menengah bertambah menjadi 137,5 juta atau 49,22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Airlangga Ungkap Pentingnya Genjot Belanja Pemerintah Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi

Plt Kepala BPS, Amalia A Widyasanti

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

"Kalau kita menyebutkan berapa proporsi kelas menengah terhadap total penduduk kita punya angka yang sama. Jadi tidak beda-beda, di tahun 2023 17,44 persen yang jumlahnya 48,27 juta orang. kemudian 2022 18,06 persen atau 49,51 juta orang," jelasnya.

Kelas Menengah Turun Kelas, Menko PMK Sebut Tambahan Iuran Pensiun Bakal Bikin Berat

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • Livemint

Lebih lanjut, untuk kelompok masyarakat yang masuk ke dalam kategori miskin sebesar 9,03 persen. Ini mengartikan kelompok masyarakat yang hidup yang tingkat pengeluarannya di bawah garis kemiskinan ada 9,03 persen. 

"Ini yang kita selalu sampaikan adalah angka kemiskinan atau tingkat kemiskinan dengan jumlahnya sekitar 25,22 juta orang ini berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," imbuhnya.

Ayla Dimitri, Jovi Adhiguna, dan Tities Sapoetra

Pengalaman Belanja Unik dan Mewah untuk Para Influencer di Program Eksklusif

Program ini dibatasi hanya untuk 50 konten kreator terpilih yang akan dikurasi.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024