Simulasi Pinjaman Online Rp10 Juta, Ini Cara Hitung Cicilannya Agar Tak Terjebak Utang

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA – Saat ini pinjaman online menjadi salah satu solusi cepat jika membutuhkan dana yang sifatnya mendesak. Tetapi sebelum meminjam, hal yang perlu diperhatikan yakni memahami cara menghitung cicilan agar tidak terjebak dalam utang yang sulit dilunasi.

KTP Dipinjam Teman untuk Pinjaman Online, Siap-siap Dampak Buruk Mengintai!

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan simulasi pinjaman sebelum benar-benar mengajukannya. Misalnya, jika Anda ingin meminjam Rp10 juta dari platform pinjaman online, Anda harus mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Perlu diketahui, setiap platform pinjaman online menawarkan suku bunga dan biaya layanan yang berbeda. Sebab itu, sebelum memutuskan untuk meminjam, ada baiknya melakukan perbandingan terlebih dahulu. Simulasi tersebut biasanya tersedia di situs web resmi platform pinjaman, sehingga memudahkan Anda untuk menghitung perkiraan cicilan yang harus dibayar.

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Fitur ini penting untuk memastikan bahwa cicilan tersebut sesuai dengan kemampuan finansial Anda, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berikut ini adalah contoh simulasi pinjaman online Rp10 juta dari tiga platform yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Simulasi ini bisa memberikan gambaran tentang berapa besar cicilan per bulan yang harus Anda bayar.

Ajukan Pinjaman Online Harus Pakai KTP, Apa Aman?

1. Easy Cash

Jika Anda meminjam Rp10 juta di Easy Cash dengan tenor enam bulan, maka cicilan per bulannya sebesar Rp2.576.667. Jumlah ini sudah termasuk bunga yang dibebankan oleh platform.

2. Rupiah Cepat

Pada platform Rupiah Cepat, meminjam Rp10 juta dengan tenor enam bulan menghasilkan cicilan sebesar Rp2.266.666 per bulan. Perlu diingat bahwa biaya ini bisa berbeda-beda tergantung dari skor kredit masing-masing pengguna.

Jika Anda meminjam Rp10.120.365 di Adapundi dengan tenor enam bulan atau 182 hari, total utang yang harus dikembalikan beserta bunga adalah Rp14.725.131, dengan cicilan kira-kira sebesar Rp2.454.189 per bulan.

Itulah contoh simulasi pinjaman online. Fitur tersebut sangat penting untuk membantu Anda memutuskan apakah pinjaman tersebut sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Selain itu, selalu pastikan untuk meminjam hanya dari platform yang telah terdaftar di OJK untuk menghindari risiko penipuan dan masalah finansial lainnya di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya