Dibuka Menghijau, IHSG Diproyeksi Bergerak Rebound Hari Ini

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta, VIVA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan pagi ini Jumat, 30 Agustus 2024 tercatat menguat 15 poin atau 0,20 persen di level 7.642.

Dibuka Menghijau, IHSG Berpotensi Menguat Terbatas Jelang Pengumuman BI Rate

Head of Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Fanny Suherman memperkirakan, IHSG pada hari ini berpotensi teknikal rebound. Sebab pasar menunggu data Core PCE Price Index atau indeks harga belanja personal inti bulan Juli.

"Hari ini IHSG berpotensi teknikal rebound menunggu data Core PCE Price Index YoY bulan Juli yang nanti malam akan rilis. Prediksinya Core PCE terkendali dan Fed akan segera cut suku bunga," ujar Fanny dalam riset hariannya Kamis, 29 Agustus 2024.

IHSG Diprediksi Merosot, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Ilustrasi papan IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Adapun pada perdagangan Kamis kemarin, bursa Asia mayoritas melemah. Tercatat indeks Nikkei 225 Jepang turun tipis 0,02 persen, Kospi Korea Selatan turun 1,02 persen, Taiex Taiwan melemah 0,75 persen, dan S&P/ASX 200 Australia turun 0,33 persen. 

Dibuka Menghijau, IHSG Berpotensi Menguat Terbatas Seiring Variatifnya Bursa Asia-Pasifik

"Sementara, Hang Seng Hong Kong naik 0,53 persen. Sedangkan, FTSE Straits Singapura menguat 0,60 persen, dan FTSE Malay KLCI melemah 1,29 persen," ujarnya.

Fanny menjelaskan, anjloknya bursa Asia ini mengikuti koreksi di Wall Street saat investor menilai hasil kinerja dari raksasa teknologi Nvidia. Nvidia melaporkan, laba kuartal II-2024 melampaui ekspektasi Wall Street dan memberikan panduan yang lebih kuat dari perkiraan kuartal II. 

Dengan demikian, Fenny memperkiarakan level support IHSG hari ini ada di 7550-7600. Sedangkan level resist IHSG berada di 7660-7700.

Karyawan mengambil gambar layar pergerakan harga saham (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Foto ilustrasi)

IHSG Sesi I Naik Tipis, Simak 5 Saham Perkasa yang Jadi Penopang

IHSG menutup sesi I perdagangan bursa mencatat kenaikan tipis 0,05 persen atau 4,21 poin. Alhasil, posisi IHSG berakhir di level 7.835,99. Intip saham-saham kinclong ini.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024