Resmikan Bendungan Leuwikeris, Jokowi Ungkap Manfaatnya

Presiden Jokowi, Menteri PUPR dan pejabat terkait meninjau Bendungan Margatiga
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan sejumlah manfaat Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya

SK Mundur dari Seskab Belum Diteken Jokowi, Pramono Anung: Saya Taat pada Aturan Main

Hal itu disampaikan Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi saat meresmikan Bendungan Leuwikeris, Kamis, 29 Agustus 2024. Jokowi menyebut bendungan itu bermanfaat untuk air baku, irigasi, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik.

"Kita harapkan ini manfaatnya betul-betul multifungsi, baik untuk air baku, baik untuk air irigasi, baik untuk pengendalian banjir, dan juga pembangkit listrik. Dan sudah dihitung ini dapat mengairi daerah irigasi seluas 11.200 hektar. Sangat besar sekali manfaatnya bagi para petani," kata Presiden Jokowi.

Anggaran Peparnas Belum Jelas, NPC Indonesia Lapor Presiden Jokowi

Jokowi dan Pramono Anung

Photo :
  • https://setkab.go.id/

Jokowi menekankan air merupakan sumber kehidupan yang harus dikelola dengan baik. Ditekankannya, itu penting untuk menghindari potensi bencana dan memastikan kesejahteraan masyarakat.

Dapat Restu Jokowi dan Prabowo, Menlu Retno Jadi Utusan Khusus Sekjen PBB Pertama dari Indonesia

"Tanpa air tidak ada kehidupan, tanpa air tidak ada makanan. Oleh sebab itu, air harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya itu sangat-sangat berharga," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Kepala Negara, Bendungan Leuwikeris yang mulai dibangun pada tahun 2016 memiliki luas genangan sebesar 243 hektar dan daya tampung hingga 81 juta meter kubik air. Proyek ini merupakan bendungan ke-44 yang diresmikan Jokowi dan menjadi yang terbesar dalam menelan anggaran terbesar, yakni Rp 3,5 triliun.

"Ini adalah bendungan yang menelan biaya paling besar. Rp 3,5 triliun, biasanya Rp 800 miliar, Rp 1 triliun, atau Rp 1,5 triliun. Ini sekali lagi Rp 3,5 triliun," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Margatiga Lampung

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Selain meresmikan Bendungan Leuwikeris, Jokowi turut meresmikan modernisasi dan rehabilitasi daerah irigasi Manganti. Proyek itu diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Jawa Barat dengan memastikan pasokan air yang stabil bagi lahan-lahan pertanian.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Bendungan Leuwikeris serta modernisasi dan rehabilitasi daerah irigasi Manganti di Provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya