Dewan Pakar Ungkap Strategi Prabowo Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Laode M. Kamaluddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA - Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan pertumbuhan ekonomi di 6 persen hingga 8 persen di masa pemerintahannya. 

Jokowi Minta Menteri Dukung Program Prabowo: Jika Perlu Regulasi Baru, Segera Dibuat

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Laode M. Kamaluddin mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ini, investasi perlu didorong hingga 40,6 persen.

“Untuk capai pertumbuhan 6 persen hingga 8 persen, maka rasio investasi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) harus mencapai sekitar 40,6 persen,” ujar Loade dalam acara Investortrust CEO Forum di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2024.

Pengamat Sarankan Prabowo Pertahankan Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri

Di sisi lain, Laode menyampaikan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 8 persen pemerintahan Prabowo juga akan fokus pada investasi hijau, yang mana diharapkan bisa mencapai target pengurangan karbon 30 persen.

Selain itu, meningkatan investasi asing, serta membangun industri berbasis ekspor dengan memperkuat nilai tukar rupiah terhadap kurs asing.

Dasco Bantah Hubungan Prabowo-Gibran Retak Gegara Akun Kaskus Fufufafa

Adapun beberapa strategi yang disiapkan untuk dorong pertumbuhan ekonomi diantaranya investasi asing akan disalurkan untuk membangun AI data center, pembangunan Carbon Capture and Storage (CCS), hilirisasi nikel, timah, tembaga, dan bauksit, serta pembangunan IKN.

Lalu dari sisi penguatan industri dalam negeri akan dilakukan dengan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), pengolahan bioetanol dan biodiesel, carbon trading, pengembangan proyek tanggul laut, serta penguatan food estate.

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sri Mulyani Bakal Jabat Menkeu Lagi di Pemerintahan Prabowo, Dasco: Belum Pasti

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kembali menegaskan bahwa daftar kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran 2024-2029 yang beredar saat ini adalah hoaks.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024