Wajib Tahu! Ini 5 Langkah Cerdas Lepas dari Pinjol Ilegal, Hidup Bebas dari Utang

Ilustrasi terjelat kredit macet.
Sumber :
  • rumahku.com

Jakarta, VIVA – Pinjaman online alias pinjol memang menjadi solusi cepat bagi banyak orang yang membutuhkan dana mendesak. Namun, tak sedikit yang justru terjerat pinjol ilegal dengan bunga tinggi dan penagihan yang menggunakan cara-cara tak beretika. 

Kasus Dugaan Korupsi CSR dari BI dan OJK Diusut KPK

Ketika sudah terjebak dalam jeratan pinjol ilegal, situasinya tentu bisa sangat mengkhawatirkan dan menimbulkan stres. Sebab itu, sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah cerdas agar bisa lepas dari jeratan pinjol ilegal.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sempat membeberkan tipsnya. Langkah pertama yang harus dilakukan, yakni segera melunasi utang yang ada. Meskipun pinjol ilegal sering kali memberikan tekanan lewat penagihan, ingatlah bahwa utang tetap harus dibayar. 

OJK Cabut Izin Usaha BPR Nature Primadana Capital, Begini Nasib Nasabahnya

Namun, sangat penting untuk tidak menggali lubang tutup lubang, dengan mencari pinjaman baru untuk melunasi utang lama. Hal ini justru akan memperburuk kondisi keuangan dan menambah beban utang yang harus Anda dilunasi. 

Sebaiknya, fokuslah untuk melunasi utang dengan cara yang paling aman dan terkendali. Namun jika Anda mengalami penagihan yang tidak beretika, langkah selanjutnya adalah melaporkan tindakan tersebut. 

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah, Bisa Langsung Cair?

Anda bisa memblokir nomor yang meneror dan memberi tahu semua kontak di ponsel Anda agar mereka mengabaikan pesan dari pinjol ilegal. Ini akan membantu mencegah penyebaran informasi yang tidak benar dan melindungi Anda dari intimidasi lebih lanjut.

Nah, setelah berhasil lepas dari jeratan pinjol ilegal, ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghindari masalah serupa di masa depan. Apa saja?

1. Mengenali perbedaan antara pinjol legal dan ilegal

Pelajari ciri-ciri pinjaman online legal yang terdaftar di OJK, seperti bunga yang wajar, prosedur yang transparan, dan tidak melakukan penagihan dengan cara yang kasar atau di luar aturan.

2. Pelajari literasi keuangan  

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels

Tingkatkan pemahaman Anda tentang keuangan agar lebih bijak dalam mengelola uang dan mengambil keputusan finansial di masa depan.

3. Buat perencanaan keuangan yang baik

Rencanakan pengeluaran dan pendapatan Anda dengan cermat agar terhindar dari kebutuhan mendadak yang membuat Anda harus mencari pinjaman ke platform pinjol.

4. Kurangi gaya hidup konsumtif

Ilustrasi belanja/sale.

Photo :
  • Freepik/freepik

Batasi pengeluaran yang tidak perlu agar lebih banyak dana yang bisa disimpan untuk keperluan mendesak.

5. Mulai kebiasaan menabung untuk dana darurat

Siapkan dana darurat yang bisa digunakan kapan saja. Kebiasaan ini membuat Anda tidak perlu mengandalkan pinjaman saat membutuhkan uang dengan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya