Ilham Habibie Tekankan Sektor Industri Penting untuk Dorong Pertumbuhan 6 Persen

Komisaris Utama Investortrust.id, Ilham Habibie
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA - Komisaris Utama Investortrust.id, Ilham Habibie menilai sektor industri penting untuk didorong pemerintah guna mencapai pertumbuhan ekonomi diatas 6 persen. 

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

Ilham Habibie mengatakan, sektor industri harus didorong agar Indonesia tidak terjebak dalam middle income trap atau negara berendapatan menengah.

"Yang akan bisa mendorong negara kita mempunyai perkembangan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen hanya industri. Pendapat saya adalah kalau kita tidak mampu mendorong industri menjadi primadona dari ekonomi kita maka kita kan terjebak di dalam middle income trap," ujar Ilham Habibie dalam acara Investortrust CEO Forum Kamis, 29 Agustus 2024.

Bappenas Tegaskan Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Jadi Kunci Inovasi Berkelanjutan

Dia menjelaskan, beberapa negara yang sudah mampu menjadi negara maju berkat berkembangnya sektor industri, yakni Jepang. Negara itu saat ini sudah menjadi negara maju karena adanya sektor industri, dan saat ini China tengah mengarah menjadi negara maju. 

"Tiongkok sekarang kita lihat mereka membuat mobil, sepeda motor, pesawat, kereta api cepat semuanya mereka bisa buat. Kalau puluhan tahun lalu kita lihat di tahun 90 Tiongkok masih di bawah kita dari segi taraf hidup sekarang mereka 2,5 kali di atas kita," ujarnya.

Doakan Syaikhu-Ilham Habibie Menangkan Pilgub Jabar, Heikal: Punya Integritas dan Kapabilitas

Ilham melanjutkan, untuk menumbuhkan sektor industri pemerintah perlu melakukan investasi dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini pula jelasnya, yang dilakukan China untuk menjadi negara maju.

"Karena mereka (China) berinvestasi di SDM yang unggul bukan 1-2 tahun 10 tahun, tapi puluhan tahun," kata dia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya N. Bakrie, di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Senin, 16 September 2024

Prabowo Targetkan Ekonomi Tumbuh 8 Persen, Anindya Bakrie Tegaskan Kadin Siap Bantu

Anindya pun membeberkan strategi yang akan dilakukan Kadin Indonesia, dalam upaya membantu pemerintah Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024