Rupiah Dibuka Menguat Terdorong Ekspektasi Pemangkasan Suku bunga AS

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta, VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis, 29 Agustus 2024. Rupiah menguat sebesar 12 poin atau 0,08 persen ke posisi Rp 15.410 per dolar AS.

Rupiah Menguat Terdorong Pemangkasan Suku Bunga Bank Sentral Eropa

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.687 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah berpeluang menguat terhadap dolar AS pada hari ini. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh sentimen pemangkasan suku bunga acuan AS.

Bursa Asia Berjatuhan Efek Reaksi Investor Terhadap Laporan Inflasi India

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • ANTARA

"Melihat pergerakan rupiah vs dolar AS yang tidak bergerak terlalu jauh belakangan ini meskipun ada tekanan dari dolar AS karena ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Tapi rupiah masih mendapatkan dukungan dari ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS di bulan September," ujar Ariston kepada VIVA Kamis, 29 Agustus 2024.

Rupiah Pagi Ini Melemah ke Level Rp 15.420 per Dolar AS

Ariston mengatakan, malam ini dan besok malam para pelaku pasar masih menantikan data ekonomi AS yang akan mengonfirmasi ekspektasi pemangkasan suku bunga the Fed.

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Dia menjelaskan, ekspektasi pemangkasan tersebut terutama terkait data Produk Domestik Bruto (PDB) dan data indikator inflasi AS PCE Price Index.

"Oleh karena itu, dengan pola pergerakan rupiah dan sentimen pemangkasan yang masih berlangsung saat ini, rupiah masih berpeluang menguat terhadap dolar AS hari ini," ujarnya.

Adapun potensi penguatan mata uang rupiah terhadap dolar AS pada hari ini diperkiarakan ke arah Rp 15.380. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.460.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya