HUT Ke-278 Tahun, PosIDN Tegaskan Inovasi Layanan Bisnis hingga Genjot Kualitas SDM

HUT Pos Indonesia ke-278.
Sumber :
  • Dokumentasi Pos Indonesia.

Bandung, VIVA – Selain bulan kemerdekaan Republik Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) dengan brandnya PosIND merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-278 tahun, tepatnya pada 26 Agustus 2024. Perayaan itu mengusung tagline “Keberagaman Yang Semakin Menguatkan”.

IFG dan Telkomsel Genjot Pengembangan Ekosistem Digital Layanan Keuangan

Acara yang dikemas unik nan meriah ini menghadirkan nuansa pesta rakyat secara nyata. Tema yang diusung pun menegaskan suasana pesta rakyat, yaitu ‘278 PosIND Carnival’. Perayaan ulang tahun PosIND kali ini bertempat di Museum Pos Indonesia di Komplek Kantor Pos Pusat, di Cilaki, Bandung.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris mengatakan, tema yang diusung pada perhelatan 278 PosIND Carnival tersebut mengandung harapan agar dalam keberagaman latar belakang di lingkungan PosIND semakin menguatkan persatuan dan solidaritas antar Insan PosIND.

Wamen BUMN Ungkap Alasan Erick Thohir Copot Bayu Krisnamurthi dari Dirut Bulog

“Ternyata kita mampu melayani Nusantara selama 278 tahun. Kita juga berharap dengan transformasi yang kita lakukan kita bisa bertahan 278 tahun ke depan,” ucap Haris dikutip dari keterangannya, Rabu, 28 Agustus 2024.

HUT Pos Indonesia ke-278.

Photo :
  • Dokumentasi Pos Indonesia.
BUMN Perum Bulog Buka Lowongan Berbagai Formasi untuk SMA, D3 dan S1, Ini Cara Lamarnya

PosIND selama ini dikenal sebagai penyedia layanan jasa logistik. Ke depan, lanjut Haris, PosIND akan fokus untuk melakukan inovasi, terutama pada lini bisnis jasa keuangan. Terlebih saat ini PosIND memiliki keunggulan dalam bidang usaha jasa keuangan yang telah diatur oleh undang-undang.

“Bisnis jasa keuangan terus melakukan inovasi agar layanan yang sebelumnya di Giro itu bisa diterima masyarakat. Kita punya keunggulan diatur sendiri oleh undang-undang tentang layanan Giro. Untuk itu kita harus bersungguh-sungguh memperkuat ekosistem logistik yang sedang dibangun. Jadi Pos Indonesia punya pelayanan yang lengkap,” tutur Haris.

“Harapan kami masyarakat masih tetap menginginkan hadirnya Pos Indonesia. Jadi kita yang memang dibesarkan oleh masyarakat dan menjadi bagian dari negara ini, kita berharap tetap eksis di negara sendiri dan berkembang maju untuk melayani Nusantara,” kata Haris.

Sementara itu Direktur Human Capital Management Pos Indonesia Asih Kurniasari Komar menjelaskan bahwa PosIND akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dengan tetap mengedepankan pelayanan.

“Tentu saja kita harus ada feedback terhadap perubahan teknologi dan perubahan bisnis. Kompetensi SDM juga harus ikut mengejar kebutuhan-kebutuhan yang ada di perusahaan. Oleh karena itu alhamdulillah teman-teman dan perusahaan sangat mendukung perkembangan SDM kita, terutama dalam rangka mengembangkan kompetensi digital untuk enterpreneurship,” ucap Asih.

Pos Indonesia menyalurkan bansos PKH dan sembako triwulan I 2024

Photo :
  • Pos Indonesia

Dari sisi SDM, hingga saat ini PosIND telah memenuhi target yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN perihal keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan perusahaan.

“Alhamdulillah BoD, jajaran kami sudah banyak, sudah mencapai target yang ditetapkan Kementerian BUMN terkait penyertaan perempuan untuk memimpin di BUMN. Alhamdulillah, Pak Menteri (Menteri BUMN Erick Thohir) sangat concern terhadap keikutsertaan perempuan dalam memimpin perusahaan,” tuturnya.

Asih berharap seiring pertambahan usia PosIND agar dapat terus melayani dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Harapannya Pos Indonesia 278 tahun ke depan tetap hadir, tetap melayani memberikan yang terbaik, terus berusaha agar Pos Indonesia menjadi pilihan pelanggan dalam menggunakan jasa layanan pos dan jasa keuangan,” ucapnya.

Pada momen ulang tahun PosIND ini, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of understanding) untuk pengembangan Museum Prangko yang terletak di dalam area TMII, Jakarta.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Intan Ayu Kartika selaku Direktur Utama TMII dan Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta, yang disaksikan Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, pihaknya menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman dengan TMII. Kesepakatan ini adalah langkah nyata PosIND dan TMII mendorong pengetahuan masyarakat Indonesia akan perjalanan panjang Pos Indonesia.

Faiza secara simbolis juga melakukan launching terkait kerja sama dengan ULBI (Universitas Logstik dan Bisnis Internasional) untuk kegiatan Endowment Fund.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya