Penggunaan Kartu Debit Bank Muamalat di Luar Negeri Naik 121 Persen

Ilustrasi Bank Muamalat
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan peningkatan signifikan dalam penggunaan kartu debit di luar negeri. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh transaksi kartu debit di Arab Saudi selama musim haji 2024.

Bank Muamalat Gandeng ALTO Network untuk Transaksi Flazz BCA

SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, mengatakan, jumlah transaksi kartu debit overseas Bank Muamalat per Juni 2024 meningkat sekitar 121 persen secara year on year (yoy). Sementara itu, volume transaksi overseas juga tercatat naik sebesar 94 persen (yoy).

"Keunggulan kartu Shar-E Debit Muamalat, yang didukung oleh layanan dan program menarik seperti cashback, gratis tarik tunai, dan teknologi nirsentuh (payWave), membuat nasabah kami merasa nyaman bertransaksi di luar negeri," kata Dedy seperti dikutip dari keterangannya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Bank Muamalat Pacu Bisnis Wealth Management, Dana Kelolaan Tumbuh 26 Persen

Bank Muamalat.

Photo :
  • istimewa

Dia menjelaskan, selama musim haji tahun ini, jumlah transaksi menggunakan kartu Shar-E Debit Muamalat untuk berbelanja di Arab Saudi meningkat sebesar 195 persen, dengan volume transaksi naik 140 persen. Aktivitas tarik tunai di ATM Arab Saudi juga mengalami peningkatan, dengan jumlah transaksi naik 35 persen dan volume transaksi meningkat 41 persen.

Bos Bank Muamalat Ungkap Peran Penting Sekretaris Perusahaan Genjot Kinerja Perusahaan

"Terutama bagi jemaah haji nasabah Bank Muamalat yang membutuhkan kemudahan transaksi seperti belanja dan tarik tunai selama berada di Tanah Suci," ujarnya.

Bank Muamalat

Photo :
  • Dok. Bank Muamalat

Sebagai informasi, kartu Shar-E Debit Muamalat dapat digunakan di seluruh dunia, baik untuk transaksi belanja maupun di ATM melalui jaringan ATM dan EDC berlogo VISA. Khusus di Arab Saudi, ATM berlogo VISA milik Bank Al Rajhi menyediakan menu transaksi dalam bahasa Indonesia. 

Bank Muamalat juga telah bekerjasama dengan Bank Al Rajhi untuk menyediakan layanan ini, dengan jaringan ATM Bank Al Rajhi yang tersebar luas di Makkah, Madinah, dan Jeddah. Selain itu, Bank Muamalat telah merilis fitur terbaru pada kartu Shar-E Debit VISA, yaitu teknologi nirsentuh atau contactless yang diberi nama payWave. 

Kartu debit ini dapat digunakan pada mesin EDC yang mendukung fitur contactless di luar negeri. Di Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur, dan Arab Saudi, kartu ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi, termasuk pembayaran di merchant dan pembelian buah tangan.

Terkait keamanan, kartu Shar-E Debit Muamalat telah terintegrasi dengan aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Salah satu fiturnya memungkinkan nasabah untuk melakukan blokir atau unblock kartu jika hilang, langsung melalui aplikasi. Kartu Shar-E Debit Muamalat juga dapat dipesan melalui aplikasi Muamalat DIN, dengan opsi pengiriman langsung ke alamat nasabah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya