Apa Saja Sih yang Boleh Diakses Aplikasi Pinjaman Online? Debitur Harus Tahu!

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Data apa saja sih yang boleh diakses oleh aplikasi pinjaman online? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di pikiran Anda yang ingin mencoba layanan pinjaman online alias pinjol.

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Sebagaimana diketahui, saat ini, banyak aplikasi pinjaman online yang meminta izin akses ke berbagai data di perangkat Anda, tetapi tidak semuanya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan aturan ketat untuk melindungi konsumen dari penyalahgunaan data oleh aplikasi pinjaman online.

Aplikasi pinjaman online yang legal, yaitu yang terdaftar dan berizin di OJK, hanya diperbolehkan mengakses tiga jenis data utama dari perangkat Anda. Data yang diminta ini digunakan untuk tujuan verifikasi identitas dan penilaian kredit, sehingga aplikasi dapat memastikan bahwa informasi yang Anda berikan benar dan valid.

Kasus Dugaan Korupsi CSR dari BI dan OJK Diusut KPK

Mengetahui batasan ini, Anda dapat lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya. Berikut tiga jenis data yang boleh diakses oleh aplikasi pinjaman online OJK, yang dikenal dengan istilah CAMILAN. Apa saja?

1. Camera (Kamera)
 

OJK Cabut Izin Usaha BPR Nature Primadana Capital, Begini Nasib Nasabahnya

ilustrasi kamera ponsel.

Photo :
  • www.pixabay.com/Pexels

Di urutan pertama adalah camera atau kamera. Akses kamera ini digunakan oleh aplikasi pinjaman online OJK untuk verifikasi identitas. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengambil foto KTP dan selfie dengan KTP sebagai bagian dari proses pengajuan pinjaman. Ini membantu memastikan bahwa data yang diberikan benar-benar milik Anda.

2. Microphone (Mikrofon)

Ilustrasi telepon menelepon

Photo :
  • clear2talk.com

Kedua yaitu mikrofon. Aplikasi pinjaman online legal mungkin memerlukan akses mikrofon untuk keperluan tertentu, seperti verifikasi suara atau rekaman panggilan yang digunakan untuk tujuan komunikasi dan penilaian kredit. Namun, akses ini tetap harus dilakukan dengan izin dan pengetahuan Anda.

3. Location (Lokasi)

Terakhir, yakni Location atau akses lokasi yang digunakan untuk memverifikasi alamat yang Anda cantumkan dalam aplikasi pinjaman. Dengan mengetahui lokasi Anda, penyedia pinjaman dapat memastikan bahwa data yang Anda berikan sesuai dan membantu dalam proses penilaian kredit. 

Selalu pastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan hanya meminta akses data yang sesuai dengan ketentuan ini untuk menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya