Momen Pesawat Pertama Mendarat di Bandara IKN

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Bandara IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok BKIP Kemenhub

Jakarta, VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyaksikan langsung proving flight yang dilakukan di Bandara IKN, guna menguji coba landasan pacu pesawat sejauh 1.025 meter.

Prabowo Langsung Terbang ke Vietnam Usai Rapat Kabinet Terakhir di IKN, Warganet Takjub: Gokil!

Dalam unggahan video di Instagram @kemenpupr, disebutkan bahwa proses uji coba dilakukan dengan menggunakan pesawat milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan @bbkfp_official di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ini di IKN, di bandara, dan tadi baru saja kita melakukan uji coba pertama kali landing pesawat, dan Insya Allah selanjutnya Pak Basuki yang berperan untuk (menyelesaikan landasan pacu) 3.000 meter," kata Budi Karya sebagaimana dikutip dari Instagram @kemenpupr, Senin, 26 Agustus 2024.

Jokowi Sebut 493 Bidang Tanah Seluas 2-4 Hektare di IKN Siap Ditawarkan ke Investor

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, proving flight ini dilakukan tidak hanya untuk menguji coba proses landing pesawat, melainkan juga terhadap jalur traffic-nya yang berdekatan dengan Samarinda dan Balikpapan.

Istana Negara IKN, Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim
Jokowi Sebut Tol Balikpapan ke IKN Perkiraan Akan Selesai Pertengahan 2025

"Walaupun kondisi gerimis, kita bisa capai 1.025 meter panjang runway yang targetnya awal September menjadi 2.200 meter," kata Basuki.

"Kemudian terminal dan apron sudah jadi, tinggal nanti taxi way-nya. Untuk itu, Insya Allah cuaca mendukung. Kami melakukan TMC untuk 2.200 meter dan menjadi 3.000 meter di Desember 2024," ujarnya.

Dalam unggahan yang sama, juga dilaporkan bahwa percobaan pesawat mendarat yang dilakukan pertama kali di Bandara IKN itu telah berhasil dan berjalan dengan lancar.

[dok. Instagram @kemenpupr]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Setelah uji coba, masih ada proses assesment lainnya untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan di Bandara IKN tersebut.

Sementara pembangunan Bandara IKN, baik dari sisi pembangunan landasan pacu maupun aspek pendukungnya seperti terminal dan lain sebagainya, dipastikan juga akan terus dianjutkan proses penyelesainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya