Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga Lampung yang Dibangun Rp846 Miliar

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga, Lampung Timur
Sumber :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Lampung, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Senin, 26 Agustus 2024. Adapun, Jokowi dalam kunjungannya meresmikan Bendungan Margatiga, Lampung Timur.

Sidang Kabinet di IKN Juga Bahas Transisi Kepemimpinan dari Jokowi ke Prabowo Subianto

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga, Lampung Timur

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris
Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

Kata Jokowi, air ke depan akan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, Jokowi mengatakan manajemen pengelolaan air di mana pun di semua provinsi sekarang ini akan jadi fokus pemerintah. 

“Yang pertama untuk air baku kehidupan kita, kedua juga untuk irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki. Ketiga, untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir,” ujarnya.

DPR Setujui Pagu Anggaran Kementerian PUPR 2025 Rp116,23 Triliun, Termasuk 'Jatah' IKN

Menurut dia, Bendungan Margatiga ini sudah mulai dikerjakan sejak 7 tahun lalu atau tahun 2017. “Dan Alhamdulillah, pada hari ini sudah selesai dan bisa difungsikan Bendungan Margatiga,” ujarnya.

Adapun, ia menyebut bendungan ini menghabiskan anggaran Rp846 miliar dengan memiliki luas genangan 2.313 hektare dan memiliki daya tampung 42 juta meter kubik air. “Ini sangat besar sekali,” ucapnya.

Maka dari itu, Jokowi berharap bendungan yang merupakan ke-44 diresmikannya dalam 10 tahun terakhir ini betul-betul bisa berfungsi baik untuk irigasi, air baku, listrik mereduksi banjir di sekitar bendungan

“Dan kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan Bendungan Margatiga ini betul-betul bisa naik dengan signifikan,” jelas dia.

Sementara Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bob Arthur menjelaskan Bendungan Margatiga ini dibangun sejak 2017 dan selesai pada 2022 dengan menelan biaya Rp846 miliar.

Menurut dia, Bendungan Margatiga ini mempunyai tiga manfaat di antaranya manfaat air baku 800 per detik di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan, pengendalian banjir 4.200 hektare reduksinya, serta manfaat irigasi kurang lebih 16.558 hektare, di mana sudah fungsional 5.600 hektare dan potensial 10.950 hektare.

“Bendungan ini dalam pelaksanaannya diharap dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan irigasi Provinsi Lampung,” jelas dia.

Diketahui, Deputi Biro Protokol, Media, dan Pers Istana, Yusuf Permana mengatakan Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung untuk meresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur, di antaranya Bendungan Margatiga, SPAM Kota Bandar Lampung dan revitalisasi Pasar Pasir Gintung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya