Kunto Aji Laporkan soal Kebocoran Avtur, Manajemen Garuda Indonesia Buka Suara

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat mengecek kesiapan haji
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta, VIVA – Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) buka suara soal kabar yang menyebut bahwa pesawatnya mengalami kebocoran avtur.

Promo Tiket Pesawat Murah, ke Vietnam Mulai dari Rp0

Hal itu pertama kali diungkapkan oleh musisi Kunto Aji di media sosial X, yang sempat mengunggah video dan memperlihatkan pesawat yang ditumpanginya mengalami hal tersebut.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, kejadian avtur yang disebutnya meluap itu terjadi pada penerbangan GA-174 rute Jakarta-Pekanbaru.

Amankah Naik Pesawat saat Hujan dan Petir? Begini Kata Pilot

"Dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 13.35 WIB yang terbang dengan menggunakan armada PK-GFW," kata Irfan dalam keterangannya, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Kunto Aji

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar
Ini Tempat Duduk Paling Aman Jika Terjadi Turbulensi Hingga Kecelakaan Pesawat

Dia mengatakan, temuan internal pihak Garuda Indonesia menyebut bahwa awalnya Pilot in Command (PIC) sedang melakukan prosedur rutin verifikasi jumlah isian avtur di dalam pesawat.

Hal itu merupakan bagian dari kesiapan akhir awak pesawat sebelum melakukan proses take off, sekaligus tahapan dari manual tata laksana safety sebelum pesawat lepas landas.

Usai temuan tersebut dilaporkan seiring adanya laporan dari salah satu penumpang, PIC pun segera memutuskan untuk memutar balik pesawat demi mengedepankan aspek keselamatan dan safety.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat berikan pernyataan

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Sehingga, lanjut Irfan, pesawat pun Return to Apron (RTA) guna dilakukan inspeksi secara menyeluruh, terkait temuan indikasi tumpahan atau luapan bahan bakar tersebut.

"Saat ini para penumpang GA-174 yang berjumlah 135 orang, telah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti PK-GMM pada pukul 14.00 WIB. Pesawat dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada pukul 15.45 WIB," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya