Jokowi Bakal Mulai Pindah ke IKN Minggu Pertama September 2024, Siap-siap 1.700 ASN Ikutan

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Kementerian PUPR

Jakarta, VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan mulai pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada minggu pertama September 2024.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Dia menambahkan, kepindahan Presiden Jokowi itu nantinya juga akan menyesuaikan kesiapan pembangunan Bandara VVIP di IKN.

"Programnya Pak Presiden, kalau nanti bandaranya ini beroperasi di minggu pertama September, beliau pindahan," kata Basuki di kantornya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Dia memastikan bahwa berbagai sarana infrastruktur di IKN juga sudah siap untuk menyambut Jokowi. Misalnya seperti Kantor Presiden, Istana Garuda, 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), serta sejumlah Rusun ASN-Hankam.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

"Jadi (pembangunannya) bertahap. Makanya Pak Menpan RB (Abdullah Azwar Anas) kan (mengatakan), September ini ada 1.700 ASN yang akan mulai pindah, sesuai ketersediaan," ujar Basuki.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Photo :
  • Kementerian PUPR

Tak mau ketinggalan, Basuki mengaku dirinya juga bakal pindah ke IKN pada bulan September nanti. Rencananya, Dia akan berkantor sementara di Galeri UMKM, yang juga akan diisi oleh Kementerian PUPR dan OIKN.

Sementara untuk sejumlah kementerian lainnya, Basuki mengatakan bahwa mereka sementara akan berkantor dengan skema sharing office, di sejumlah Kantor Kementerian Koordinator di IKN yang sudah rampung.

"Di kantor Kemenko-Kemenko itu ketersediaannya. Sharing office, tapi sendiri-sendiri, per lantai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya