Wujudkan Green Logistic, KAI Logistik dan Gobel Group Teken MoU

KAI Logistik dan Gobel Group teken nota kesepahaman [dok. Humas KAI Logistik]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – KAI Logistik meneken nota kesepahaman (MoU) bersama Gobel Group dan anak usahanya, yakni PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Gotrans Logistics International. MoU itu terkait pengalihan moda transportasi pengiriman barang dari truk ke kereta api, pada rute Jakarta-Surabaya.

Arus Balik Long Weekend, KAI: 178 Ribu Penumpang Masuk ke Jakarta Hari Ini

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah berharap kerja sama ini akan dapat mengurangi emisi karbon, sebagai upaya untuk turut berkontribusi dalam akselerasi implementasi ekonomi hijau guna mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

"Moda kereta Api (KA) dalam industri logistik memainkan peranan yang sangat besar dalam rangka mewujudkan green logistic," kata Fredy dalam keterangannya, Jumat, 23 Agustus 2024.

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

Ilustrasi Kereta Api

Photo :

Dia menjelaskan, satu rangkaian Kereta Api Container mampu mengangkut 30 gerbong datar, atau setara dengan 60 truk berkapasitas 20 ton. Sehingga dengan pengalihan moda jalan ke kereta api, akan mampu mewujudkan pengurangan emisi karbon dan menjadi solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Ultah ke-15, KAI Wisata Bagi-bagi Hadiah Buat Penumpang

"Selain berkontribusi pada aspek keberlanjutan lingkungan, moda KA juga meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan serta berkontribusi pada pemeliharaan/lifetime infrastruktur jalan yang lebih optimal dengan menekan potensi beban jalan yang berlebih," ujarnya.

Senada, President Director & Group Chief Executive Officer (CEO) Gobel Group, Hiramsyah S. Thaib mengatakan, kemitraan multipihak yang mendukung green logistic di Indonesia ini menjadi wujud aspirasi pihaknya, untuk menyediakan ukuran seberapa baik dalam memenuhi kewajiban terhadap konsumen.

"Kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dan optimis kemitraan multipihak ini akan menjadi momentum dalam mendorong kontribusi aktif sektor swasta, yang selaras dengan cita-cita kami yaitu nyata berinovasi untuk kehidupan yang berkualitas," kata Hiramsyah.

Gobel Group diakuinya sangat menyambut baik kemitraan multipihak dalam mendukung green logistic nasional ini, yang akan mendukung, melengkapi, dan memperkuat ekosistem bisnis Gobel Group.

"Yang terdiri dari berbagai aktivitas bisnis, dalam mewujudkan upaya holistik terhadap keberlanjutan yang mencakup inovasi produk, operasional ramah lingkungan, dan tanggung jawab sosial di Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya