Kolaborasi Modalku dan Lotte Grosir, Pelaku UMKM Bisa Dapat Fasilitas Ini Saat Belanja Grosiran

Kerja sama Modalku dan Lotte Grosir [dok. Modalku x PT Lotte Shopping Indonesia]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Lotte Shopping Indonesia selaku induk usaha ritel Lotte Grosir, menjalin kemitraan dengan platform pendanaan digital segmen UMKM, Modalku. Kerja sama ini dalam rangka menyediakan ragam produk kebutuhan grosir bagi pedagang pengecer/warung, hotel, restoran, dan catering.

Bea Cukai Nanga Badau Raih Capaian Signifikan untuk Ekspor Komoditas Perikanan dan Pertanian

President Director Lotte Grosir, Kim Tae Hoon menjelaskan, kemitraan ini menghadirkan fasilitas pembayaran tempo bagi pemilik usaha yang berbelanja di Lotte Grosir, guna meningkatkan operasional bisnis para UMKM di wilayah Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

"Akses pendanaan merupakan salah satu kunci penting bagi keberlangsungan bisnis UMKM, seperti untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan pembelian bahan baku dalam jumlah besar, mengelola arus kas, serta ekspansi bisnis," kata Kim dalam keterangannya, Rabu, 21 Agustus 2024.

Maybank Suntik Investasi di Grup Modalku Perluas Akses Kredit UMKM

Ilustrasi bisnis UMKM jelang imlek

Photo :
  • Istimewa

Dia mengatakan, hal ini sejalan dengan Laporan Perilaku Keuangan dan Pembayaran Digital UMKM Modalku. Dimana ketika UMKM mengalami peningkatan permintaan konsumen, bisnis mereka akan sangat terbantu dengan tersedianya dana tambahan.

Makan Bergizi Gratis di Cianjur Sudah Ada Sejak 2022, Targetnya Lansia

"Misalnya untuk memenuhi permintaan, memastikan kelangsungan operasi, dan memanfaatkan peluang pertumbuhan bisnis," ujarnya.

Senada, Country Head Modalku, Arthur Adisusanto mengatakan, sektor ritel menjadi salah satu fokus utama Modalku di tahun 2024 ini. Pihaknya melihat potensi yang besar, karena produk ritel tetap menjadi prioritas dalam belanja masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan ekonomi dan demografi.

"Dengan mengintegrasikan fasilitas pendanaan kami dengan jaringan luas Lotte Grosir, Modalku konsisten untuk memperluas jangkauan akses pendanaan kepada UMKM yang berpotensi tumbuh di Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi, para pelaku UMKM yang telah berbentuk badan usaha (PT/CV) yang sudah menjadi mitra Lotte Grosir, dapat menggunakan fasilitas pembayaran tempo tanpa agunan dengan limit pendanaan maksimal Rp 2 miliar dan tenor hingga 60 hari. Sementara UMKM yang belum berbadan usaha juga dapat memanfaatkan fasilitas serupa dengan limit pendanaan hingga Rp 300 juta, dengan tenor yang sama.

Hal ini dapat dijadikan sebagai solusi oleh para pelaku usaha di bidang makanan maupun Horeka (Hotel, Restoran, dan Kafe), untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis mereka. Misalnya seperti meningkatkan stok barang, dengan berbelanja di 36 cabang toko Lotte Grosir di seluruh Indonesia.

Dengan akses pendanaan mudah dan tanpa perlu menyediakan agunan, UMKM dapat lebih fleksibel dalam mengelola keuangan bisnis mereka, mendorong pertumbuhan, dan menjaga kelancaran operasional sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya