5 Langkah Cerdas Capai Financial Freedom, Semua Pasti Bisa Asalkan

Ilustrasi menerima gaji
Sumber :
  • menul.my.id

Jakarta, VIVA –  Siapa yang tidak ingin hidup bebas secara finansial? Kebebasan finansial atau financial freedom jadi impian banyak orang.

ISEW 2024 Ungkap Investasi dan Regulasi Jadi Kunci Akselerasi Proyek Energi Terbarukan

Dengan kebebasan finansial, Anda dapat lebih menikmati hidup sepenuhnya. Tak perlu lagi khawatir perihal utang dan kewajiban keuangan lainnya yang kerap membuat pusing dan stres. Financial freedom akan membuat Anda dapat melakukan apapun tanpa perlu khawatir soal uang. 

Meski terdengar rumit, mencapai kemandirian financial sebenarnya hanya perlu dimulai dengan langkah-langkah sederhana secara konsisten. Sayangnya, tak semua orang bisa disiplin sehingga dianggap sulit untuk mewujudkan financial freedom. 

Pengamat: Penurunan Pasar Otomotif Bisa Hambat Investasi Asing

Dikutip dari Deccan Herald, mencapai kemandirian finansial penting untuk keamanan ekonomi jangka panjang. Jika sudah tercapai, sangat mungkin untuk Anda pensiun dini, hidup sesuai passion dan menghadapi tantangan tak terduga tanpa tekanan membebani finansial. 

Daftar orang terkaya di Indonesia 2024

Photo :
  • Pixabay
Mengenal Investasi Kripto dan Risiko Cyber Security yang Mengintai

Berikut langkah-langkah cerdas yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan financial freedom. Tidak ada yang mustahil! Simak ulasan berikut ini. 

Investasi Sedini Mungkin dan secara Teratur

Jangan menunggu saat yang tepat untuk investasi tapi mulailah sedini mungkin bahkan Anda memperoleh gaji pertama. Langkah sederhana ini kerap diabaikan padahal sangat berharga untuk mencapai kebebasan finansial. 

Berinvestasi sejak dini lebih leluasa mendiversifikasi portofolio untuk membangun kekayaan. Anda bisa memilih investasi risiko tinggi saat usia muda dan menanamkan modal di instrumen lain yang lebih stabil. 

Semakin awal memulai investasi maka semakin banyak waktu Anda untuk belajar tentang bidang ini. Alhasil Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan di masa mendatang untuk mengurangi kerugian. 

Diversifikasi Investasi 

Ilustrasi Investasi.

Photo :
  • vstory

Diversifikasi aliran pendapatan dapat melindungi Anda dari kehilangan pekerjaan dan kemerosotan ekonomi, sekaligus mempercepat akumulasi kekayaan.

Pertimbangkan pilihan seperti pekerjaan lepas, bisnis sampingan, properti sewaan, investasi dalam bentuk saham atau reksa dana, dan sumber pendapatan pasif seperti dividen atau royalti. 

Bangun Dana Darurat

Dana darurat ini sangat penting untuk menghadapi situasi darurat seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis yang tidak terduga. Beberapa aplikasi perbankan digital mempunyai fitur yang memungkinkan penarikan dana secara otomatis untuk dana darurat. Jadi memudahkan alokasi uang secara konsisten membangun dana darurat.

Hindari dan Lunasi Utang

Ilustrasi utang.

Photo :
  • Dokumentasi House Demolitions Brisbane.

Financial Freedom dapat diwujudkan oleh semua orang, tak terkecuali Anda yang memiliki utang. Catat semua utang yang Anda miliki, seperti kartu kredit, pinjaman, dan kewajiban lainnya.

Prioritaskan utang berdasarkan suku bunga, dengan fokus pada utang berbunga tinggi terlebih dahulu karena akan semakin membebani keuangan Anda seiring berjalannya waktu.

Salah satu strategi yang efektif adalah metode longsor, yakni melunasi utang dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu sambil melakukan pembayaran minimum untuk utang lainnya. Adapun metode bola salju, yaitu melunasi utang terkecil terkecil terlebih dahulu untuk membangun momentum dan mendorong kemajuan yang berkelanjutan.

Hindari gali lobang-tutup lobang dengan menggunakan uang tunai atau kartu debit. Anda disarankan membuat anggaran realistis untuk melunasi hutang perlahan.

Asuransi Jadi Hal Penting

Selain itu, Anda disarankan mempunyai asuransi jiwa dan kesehatan yang memadai. Asuransi akan menjaga stabilitas keuangan sekaligus menjadi 'pengaman' dari pengeluaran yang tak terduga. 

Anda juga dapat mengembangkan investasi dengan tenang dan disiplin. Membeli asuransi di usia muda mempunyai keuntungan premi yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya