Erick Thohir Genjot Inovasi 20 Wirausahawan Sosial Yayasan BUMN, Begini Caranya

[dok. Humas Yayasan BUMN]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta,VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, mengapresiasi keberhasilan 20 wirausaha sosial penerima anugerah program inovatif 'Pikiran Terbaik Negeri', yang digelar oleh Yayasan BUMN.

IFG dan Telkomsel Genjot Pengembangan Ekosistem Digital Layanan Keuangan

Dia menyampaikan, di bulan kemerdekaan ini, masyarakat Indonesia memang harus merayakan semangat inovasi yang memiliki potensi besar untuk memajukan bangsa.

"Ini adalah kesempatan untuk memacu kemajuan berkelanjutan, dengan ide-ide yang menjawab tantangan sosial dan lingkungan kita," kata Erick dalam keterangannya, Senin, 19 Agustus 2024.

Mahasiswa ITB STIKOM Bali Ciptakan Mesin Berteknologi AI untuk Mensortir Buah Jeruk

Dia menjelaskan, program ini menandai komitmen Yayasan BUMN untuk mendorong solusi yang dapat menangani masalah sosial penting di Indonesia, dengan fokus khusus pada bidang lingkungan, kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan mental.

Erick Thohir

Photo :
  • Viva/Trisya Frida
Sebut Penyerangan Belum Maksimal, Ketum PSSI Pastikan Bawa Eliano dan Hilgers untuk Laga Berikutnya

"Inisiatif ini menunjukkan dedikasi Yayasan untuk memastikan representasi yang luas, mencakup berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke, menggarisbawahi pentingnya keragaman dan inklusivitas dalam inovasi sosial," ujarnya.

Inovator-inovator terpilih seperti Ikanesia, Nexmedis, dan Gede Jamur, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, sekarang akan memasuki fase bootcamp intensif. Bootcamp yang akan dilakukan dirancang untuk memperkuat kemampuan mereka dalam mengembangkan proyek dan mempersiapkan mereka untuk presentasi di Grand Final Pitching.

Bootcamp ini tidak hanya fokus pada pengembangan teknis melainkan juga pada strategi bisnis dan pendekatan kolaboratif, guna memastikan bahwa setiap proyek memiliki fondasi yang kuat untuk sukses dan pertumbuhan berkelanjutan. Bootcamp ini bertujuan untuk mengasah dan mematangkan konsep mereka sebelum berhadapan dalam Grand Final Pitching, yang akan berlangsung pada 25 Agustus 2024 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Viva/Trisya Frida

Acara puncak ini tidak hanya akan menjadi ajang presentasi, tetapi juga sebagai forum diskusi dan kolaborasi antara inovator, para pemimpin bisnis, dan pembuat kebijakan. Acara ini akan menjadi puncak dari serangkaian kegiatan yang tidak hanya mempromosikan inovasi tetapi juga kerja sama antar berbagai sektor.

"Saya mengucapkan selamat kepada para wirausaha sosial terpilih, yang siap membawa dampak signifikan bagi Indonesia melalui kerja keras dan ide brilian mereka. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Yayasan BUMN untuk memajukan ekonomi dan kesejahteraan sosial," ujarnya.

Senada, Chief Program & Operation Yayasan BUMN, Maya Lestari mengaku, pihaknya sangat antusias melihat bagaimana acara ini akan memfasilitasi kolaborasi dan inovasi lintas sektor.

"Acara ini bukan sekedar ajang presentasi, tetapi sebuah kesempatan untuk membangun jaringan dukungan yang solid bagi implementasi dan pertumbuhan ide-ide inovatif ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya