Robert Kiyosaki Bongkar Cara Jitu Investor saat Hadapi Anjloknya Nilai Kripto

miliarder kripto versi Forbes
Sumber :
  • wikimedia

Jakarta, VIVA – Investasi krypto semakin populer di kalangan investor. Daya tarik utama dari instrumen investasi berbasis blockchain ini karena menawarkan keuntungan tinggi dalam waktu singkat imbas sifat fluktuasi dari cryptocurrency. 

Pemerintah Kantongi Rp 27,85 Triliun dari Pajak Digital hingga Agustus 2024

Dikutip dari CoinDesk, harga Bitcoin sudah melonjak 54 persen dalam kurun waktu lima setengah bulan terakhir. Per 17 Juli 2024, harga 1 Bitcoin (BTC) diperdagangkan sekitar US$ 64.818,48 per koin. Sementara pada 1 Februari 2024, harga Bitcoin masih di harga US$ 42.000.

Di balik keuntungan yang mengesankan, investor harus tetap meyakini setiap instrumen investasi memiliki risiko kerugian masing-masing. Kripto terbilang mempunyai risiko sangat besar dibanding jenis investasi lainnya.

Mengenal Investasi Kripto dan Risiko Cyber Security yang Mengintai

Bitcoin pernah mengalami penurunan nilai yang sangat besar. Tepatnya pada September 2023, harga Bitcoin menyentuh harga US$20.000 per koin. Nilai tersebut jadi paling rendah sepanjang pergerakan naik-turun Bitcoin. 

Penulis buku Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki.

Photo :
  • Istimewa
Mangkrak 6 Tahun, Pabrik Lotte Chemical Indonesia Mulai Produksi Maret 2025

Penurunan nilai aset investasi kerap membuat para investor mengalami guncangan emosional. Banyak yang panik dan melepasnya untuk beralih ke instrumen investasi lain yang dinilai lebih menguntungkan. Sayangnya, tindakan tersebut kurang tepat. 

Robert Kiyosaki selaku pakar keuangan dan penulis buku investasi membeberkan ada beberapa cara untuk tetap bertahan saat harga Bitcoin turun. Dilansir dari GoBankingRates, berikut cara cerdas untuk menghadapi nilai Bitcoin merosot.

Cara Cerdas Hadapi Nilai Bitcoin yang Turun ala Robert Kiyosaki

Tetap pantau perkembangan informasi terbaru 

Robert Kiyosaki menyarankan Anda untuk selalu memantau berbagai informasi terbaru terkait aset kripto. Pasalnya, aset kripto sangat rentang dengan berbagai sentimen di pasar. Pastikan melakukan riset dan berhati-hati dalam bertindak selalu harga kripto dalam situasi terkoreksi.

Tetap Disiplin dan Kesabaran

Bitcoin dan aset kripto.

Photo :
  • Pixabay

Meskipun fluktuasi pasar kripto bisa membuat frustasi, sangat penting untuk menerapkan sikap disiplin dan kesabaran saat investasi di berbagai jenis aset kripto apa pun. Jika harga koin turun secara signifikan, Anda mungkin tergoda untuk menjualnya guna mengurangi kerugian. 

Bersabar dan tetap tahan kepemilikan Anda. Percayalah dalam jangka panjang, aset kripto tersebut dapat menghasilkan keuntungan lebih banyak seiring berjalannya waktu. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu emosional atau impulsif saat berinvestasi.

Luangkan waktu untuk atur mental

Berinvestasi sangat penting untuk meningkatkan kondisi keuangan Anda. Tak kalah penting adalah memiliki kestabilan emosional yang baik.  Hal itu akan sangat membantu Anda ketika sewaktu-waktu nilai kripto turun drastis sehingga Anda bisa tetap tenang dan berpikir jernih.

Luangkan waktu untuk menenangkan diri dan fokus pada relaksasi, seperti mendaki, menikmati alam terbuka, bermeditasi, atau menonton film lucu hingga aktivitas apa pun yang membuat Anda merasa nyaman.

Tetap fokus pada tujuan keuangan jangka panjang

Ilustrasi arah investasi

Photo :
  • Pixabay

Ketika harga kripto turun, Anda harus tetap berpegang teguh terhadap prinsip jangka panjang untuk mencapai tujuan keuangan. Volatilitas kripto dapat berdampak signifikan pada portofolio Anda saat terjadi perubahan pasar. 

Penurunan nilai kripto yang serius dapat memangkas aset dan berpotensi membahayakan pencapaian tujuan keuangan jangka panjang yang telah Anda terapkan. Tinjau dengan saksama tujuan keuangan jangka panjang Anda sebelum melepas kripto untuk beralih ke instrumen investasi lain. 

Adopsi prinsip dolar cost averaging

Pertimbangkan untuk menerapkan metode dollar-cost averaging, yakni berinvestasi secara konsisten pada aset kripto secara berkala tak peduli berapapun harganya.

Praktik ini biasanya memberikan hasil yang lebih baik seiring berjalannya waktu. Artinya, saat harga kripto anjlok Anda tidak disarankan menjualnya justru tetap komitmen untuk menambah jumlah kepemilikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya