IHSG Naik Tipis Tutup Sesi I, Intip 5 Saham Kinclong hingga Cetak ARA

Pergerakan IHSG
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup sesi I perdagangan bursa dengan kenaikan tipis 0,05 persen atau 4 poin ke level 7.436 pada Senin (19/8/2024) siang. Pergerakan IHSG pada rentang area 7.422-7.451 dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,67 triliun.

Penjelasan Oscar Darmawan soal Dugaan Peretasan Indodax

Penguatan tipis IHSG disokong lonjakan kenaikan beberapa sektor saham. Mulai dari sektor konsumer primer, material dasar, sektor industri, sektor keuangan, dan sektor properti. 

Dikutip dari InvestorTrust, Senin, 19 Agustus 2024, tercatat jumlah saham yang mampu mencatat hasil positif sampai akhir sesi I. Dari lima saham yang kinclong, tiga emiten sukses mencetak auto reject atas (ARA). Saham yang berhasil melaju ke zona hijau antara lain:

Saham Adaro Energy Moncer Seiring Kabar Pelepasan Anak Usaha

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMAS)

Ilustrasi asuransi di Indonesia

Photo :
  • Asuransi Roojai
Makin Diminati, Ini 7 Keuntungan Pakai Paylater Dibanding Pinjol

Saham JMAS melesat 33 persen menjadi 147 dan berhasil ARA. Posisi awal sajam JMAS berada di level 114 dan langsung melompat tinggi saat bursa baru dibuka menuju area 140. Setelah itu, emiten bergerak datar dengan kecenderungan tren kenaikan hingga level 144 menjadi 148 dan stagnan hingga sesi I selesai.

PT Tempo Intimedia Tbk (TMPO)

Saham TMPO melompat 33,78 persen ke area 99. Saham TMPO menunjukkan tren kenaikan sejak awal perdagangan, Dari posisi awal di level 72 melaju secara konsisten ke area 99 sampai pertengahan sesi I. Kemudian bergerak mendatar sampai bursa perdagangan sesi I ditutup.

PT Charnic Capital Tbk (NICK)

Saham NICK menguat 24,30 persen ke level 665. Posisi awal saham NICK berada di area 550 langsung melonjak naik menjadi 640 dan 665. Lalu bergerak datar sampai sesi I selesai.

PT Victoria Investama Tbk (VICO)

Saham VICO ikut mencatat kenaikan sebesar 30,84 persen menjadi 140. Posisi awal saham VICO pada level 98. Emiten fluktuatif dengan mayoritas kenaikan sampai akhir sesi I. Lonjakan tertinggi terjadi dari area 121 menjadi 135. Saham VICO melanjutkan kenaikan sedikit demi sedikit sampai menutup sesi I bursa di level 140.

PT Geen Power Group Tbk (LABA) 

Terakhir, ada saham LABA yang catat lompatan 21,43 persen menjadi 374. Posisi awal saham LABA di level 310  dan langsung agresif meroket menjadi 360. Namun, emiten segera terkoreksi ke level 348.

Setelah itu, saham LABA berhasil menguat kembali (rebound) ke area 370. Emiten lanjut bergerak naik-turun dengan mayoritas kenaikan daripada penurunan sampai sesi I berakhir. 

Artikel ini telah tayang di InvestorTrust.id dengan judul, "IHSG Sesi I Naik Tipis, Tiga Saham Ini Cetak ARA."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya