6 Cara Melunasi Utang Pinjaman Online yang Terlanjur Menumpuk

Ilustrasi terjelat kredit macet.
Sumber :
  • rumahku.com

Jakarta, VIVA – Menghadapi utang pinjaman online yang menumpuk, tak jarang membuat stres. Pinjaman online atau pinjol adalah layanan yang memungkinkan seseorang meminjam uang melalui platform digital dengan proses yang cepat dan mudah. 

Terlanjur Galbay Pinjol, 5 Risiko Ini Siap Mengintai Anda

Meskipun menawarkan kemudahan dan kepraktisan, pinjaman online memiliki risiko, terutama jika Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik. Bunga yang tinggi dan denda keterlambatan, dapat membuat jumlah utang semakin membengkak, sehingga sulit untuk dilunasi.

Jika Anda sudah terjebak dalam situasi di mana utang pinjaman online menumpuk, ada beberapa strategi yang bisa Anda coba untuk melunasinya. Apa saja?

Makin Diminati, Ini 7 Keuntungan Pakai Paylater Dibanding Pinjol

Cara Melunasi Utang Pinjaman Online 

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels
Nomor HP Disalahgunakan untuk Pinjol, Harus Bagaimana?

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk melunasi utang pinjaman online yang menumpuk, di antaranya:

1. Mengurangi Pengeluaran

Langkah pertama dalam melunasi utang adalah dengan mengurangi pengeluaran. Buatlah anggaran yang ketat dan fokuslah pada kebutuhan dasar. Kurangi atau hindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak mendesak, seperti hiburan, belanja barang-barang yang tidak penting, dan makan di luar.

2. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Mengambil pinjaman baru untuk membayar utang lama adalah kesalahan besar yang sering dilakukan. Hal ini hanya akan menambah beban utang dan membuat masalah keuangan Anda semakin rumit.

3. Hindari Utang Baru

Sebisa mungkin, hindari mengambil utang baru. Fokuslah untuk melunasi utang yang sudah ada. Ini mungkin memerlukan perubahan gaya hidup, tetapi akan membantu mengurangi tekanan finansial dalam jangka panjang.

4. Cari Pemasukan Tambahan

Mencari pemasukan tambahan bisa menjadi solusi untuk mempercepat pelunasan utang. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan, atau menjual barang yang tidak terpakai. Selain itu, bisa juga memanfaatkan keterampilan Anda untuk menghasilkan uang tambahan.

5. Coba Gunakan Metode Debt Snowball

Metode debt snowball adalah teknik melunasi utang dengan cara membayar utang dari yang paling kecil terlebih dahulu. Setelah utang terkecil lunas, lanjutkan ke utang berikutnya dengan jumlah yang lebih besar. Ini berlaku jika Anda terlanjur memiliki utang dari beberapa platform pinjaman online.

6. Atau, Coba Pakai Metode Longsoran Utang

Berbeda dengan metode debt snowball, metode longsoran utang (debt avalanche) fokus pada pelunasan utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah utang berbunga tinggi terlunasi, Anda bisa lanjutkan ke utang dengan bunga lebih rendah. Meskipun butuh waktu lebih lama untuk melihat hasil, metode ini lebih efisien dalam jangka panjang karena Anda akan membayar bunga yang lebih sedikit.

Itulah cara melunasi utang pinjaman online. Memang tidak mudah, tetapi dengan disiplin dan perencanaan yang tepat, Anda bisa melunasi utang tersebut dan kembali mengatur keuangan dengan lebih baik. Ingatlah untuk selalu bijak dalam menggunakan pinjaman online dan hanya meminjam sesuai kemampuan bayar Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya