8 Tips Sukses Investasi Kripto, Nomor 6 Sering Diabaikan Investor

Aset kripto.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Aset kripto atau cryptocurrency kian populer sebagai instrumen investasi di kalangan investor. Faktor terbesar yang menyebabkan masyarakat melirik kripto karena menawarkan keuntungan besar dalam waktu relatif singkat. 

Pemerintah Kantongi Rp 27,85 Triliun dari Pajak Digital hingga Agustus 2024

Hal tersebut tak lepas dari kripto yang bersifat high return (tingkat pengembalian tinggi). Sayangnya, para investor pemula kerap mengabaikan nilai 'high risk' dari kripto.

Kripto menawarkan nilai income tinggi yang sejalan dengan risiko kerugian yang relatif besar. Pasalnya, instrumen investasi yang berbasis blockchain itu sangat fluktuatif terhadap berbagai sentimen di pasar modal. 

Mengenal Investasi Kripto dan Risiko Cyber Security yang Mengintai

Pengaruh dari tokoh-tokoh investasi turut mempengaruhi nilai aset kripto yang berubah drastis secara cepat. Misalnya cuitan Elon Musk di platform X. Oleh karena itu penting bagi calon investor maupun pemula di bidang kripto untuk mempunyai pemahaman yang baik dalam menyusun strategi. 

Bitcoin, Etherium, dan aset kripto.

Photo :
  • Business Today
Mangkrak 6 Tahun, Pabrik Lotte Chemical Indonesia Mulai Produksi Maret 2025

Dikutip dari Investopedia dan ESEI Business School, beberapa tips investasi kripto supaya dapat menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan sekaligus terhindar dari kerugian. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.
 
Tips Investasi Kripto

1. Penting Melakukan Riset 

Riset jadi hal yang paling dalam melakukan investasi apapun. Hal yang mesti Anda pahami ketika hendak berinvestasi kripto antara lain teknologi, tren pasar, jenis aset kripto, hingga potensi pertumbuhan di masa mendatang. 

Anda juga diharapkan mengikuti perkembangan informasi terbaru. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan dengan tepat dengan segala kompleksitas pasar kripto. 

2. Pilih Platform Investasi Terpercaya

Ilustrasi aset kripto VidyCoin

Photo :
  • Instagram

Bursa mata uang kripto atau tempat Anda berinvestasi hingga trading jadi tips yang krusial dalam meraih kesuksesan pada instrumen ini. Pilihlah platform yang memiliki reputasi baik atau sudah mendapat izin dari pihak berwenang, seperti OJK maupun Bappebti. Di Indonesia, beberapa aplikasi kripto yang sudah mengantongi izin antara lain Indodax, Tokocrypto, Pluang, dan lainnya. 

3. Lakukan Diversifikasi Aset Kripto

Diversifikasi merupakan prinsip dasar investasi yang seyogyanya diterapkan pada aset kripto. Mengalokasikan modal dalam beberapa jenis kripto dapat meminimalkan kerugian. 

Namun, diversifikasi portofolio harus dilakukan dengan bijak. Anda disarankan mengalokasikan dana pada aset kripto yang mempunyai nilai fundamental yang kokoh, dukungan komunitas kuat, dan rekam jejak pertumbuhan yang baik. 

4. Terapkan Prinsip Jangka Panjang

Aset kripto.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kripto dikenal karena volatilitasnya yang tinggi dan fluktuasi harga jangka pendek. Sehingga investor diminta memegang perspektif jangka panjang saat berinvestasi kripto. 

Jenis investasi ini masih terbilang baru sehingga  dinilai masih mempunyai potensi pertumbuhan lebih tinggi di masa mendatang. Bersabar dan jangan panik jika harga berfluktuasi dalam jangka pendek.

5. Pahami Prinsip Dasar Kripto

Trik lain yang perlu dilakukan para investor adalah mengetahui dasar dari aset investasi kripto itu sendiri. Nilai-nilai yang melekat pada aset kripto diantaranya bersifat fluktuatif dengan perubahan harga relatif cepat dalam waktu singkat. Beberapa negara belum memiliki regulasi khusus yang mengatur kripto juga sehingga rentan terhadap penipuan, peretasan, dan masalah keamanan lainnya. 

6. Jangan Berinvestasi Melebihi Kemampuan

Prinsip lain yang juga harus dipegang teguh investor kripto adalah tidak berinvestasi melebihi kemampuan atau seberapa siap Anda untuk kerugian jika pasar mengalami penurunan. Hal ini yang sering diabaikan investor pemula sehingga tak jarang mereka terjerat utang hingga pinjaman online dengan jumlah fantasis. 

Paling tidak, Anda harus memiliki cukup tabungan darurat sebelum menginvestasikan dana ke aset kripto. Disarankan tidak lebih dari 5 persen dari jumlah tabungan untuk setiap aset portofolio kripto. Persentase tersebut dinilai cukup untuk mendapatkan potensi keuntungan sekaligus membatasi dampak kerugian.

7, Investasi pada Aset Kripto Utama

Pasar kripto memperdagangkan beberapa jenis aset. Disarankan investor menanamkan modal pada aset kripto yang besar dan mapan seperti Bitcoin dan Ethereum.
menikmati manfaat sebagai pelopor dan pengadopsi, Keduanya mempunyai kapitalisasi pasar yang besar. Koin-koin terkenal ini telah melewati beberapa siklus dan penurunan pasar yang signifikan.

Meskipun risiko tetap ada, mata uang kripto yang lebih besar secara umum telah menunjukkan ketahanannya, tidak seperti mata uang kripto yang lebih baru atau berkapitalisasi lebih kecil. 

8. Pastikan Keamanan

Ilustrasi aset kripto.

Photo :
  • Istimewa

Menjaga keamanan investasi mata uang kripto Anda sangat penting untuk melindungi dana dari pencurian, penipuan, dan risiko keamanan lainnya. Gunakan platform yang terpercaya dan jangan pernah membagikan username, email atau pun password akun Anda kepada siapa pun. Aktifkan autentikasi dua faktor pada akun bursa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya