Freeport Indonesia Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Area Tambang hingga Smelter

Upacara HUT RI ke-79 di PT Freeport Indonesia (PTFI)
Sumber :
  • Dok. PTFI

Jakarta, VIVA – PT Freeport Indonesia (PTFI) melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia secara serentak di 4 lokasi kerja di 3 provinsi. Upacara di area PTFI Tembagapura (8.45 WIT) dilakukan secara bersamaan dengan upacara Smelter Gresik (6.45 WIB). 

Pihak Harvey Moeis Ungkap Fakta di Balik Kerja Sama PT Timah dan Smelter

Upacara juga berlangsung di Alun-alun Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah, dan Kantor PTFI di Jakarta. 

Hal ini disebut menggambarkan PTFI sudah beroperasi secara terintegrasi dari hulu (proses penambangan dan pengolahan) di Tembagapura hingga hilir (proses pemurnian) di Smelter Gresik, Jawa Timur. Sesuai dengan tema 'Pertambangan Hulu Hilir Untuk Indonesia Maju'.

Bos Freeport Sebut Jokowi Bakal Resmikan Produksi Smelter Gresik Pekan Depan

Upacara HUT RI ke-79 di PT Freeport Indonesia (PTFI)

Photo :
  • Dok. PTFI

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas menjelaskan, upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di PTFI sejalan dengan komitmen PTFI untuk mendukung kebijakan hilirisasi pertambangan yang diamanatkan oleh pemerintah Indonesia.

Lowongan Kerja di PT Freeport untuk S1 dan D3, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya!

Seperti diketahui, PTFI pada Juni 2024 telah menyelesaikan pembangunan dan mulai mengoperasikan smelter tembaga single line terbesar di dunia yang dibangun di area seluas 100 hektare di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Gresik, Jawa Timur.

"Ini artinya Tambang Bawah Tanah terbesar di dunia telah terintegrasi dengan Smelter Tembaga Single Line terbesar di dunia, dan bersama PT Smelting akan menghasilkan Katoda Tembaga 1 juta ton per tahun. Menjadikan Freeport Indonesia sebagai Pertambangan tembaga Hulu-Hilir terbesar di dunia," tegas Tony dalam keterangan resmi, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara HUT RI ke-79 di PT Freeport Indonesia (PTFI)

Photo :
  • Dok. PTFI

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang terpusat di Tembagapura memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Pelaksanaan Upacara HUT RI di lokasi dengan elevasi tertinggi, yakni di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. 

Sertifikat MURI diterima langsung oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas setelah upacara pengibaran bendera.

"Saya ucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia kepada segenap keluarga besar PTFI dimanapun berada. Singsingkan lengan bajumu, mari kita bekerja bersama-sama secara aman dan selamat, dari Tanah Papua untuk Indonesia Maju," kata
Tony.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya