Tertangkap Kamera! 4 Taipan Terkaya RI Hadiri Upacara HUT RI di IKN

Taipan yang hadir upacara di IKN, Franky Widjaja, Aguan, Prajogo Pangestu, dan Boy Thohir
Sumber :
  • YouTube Setpres

Penajam Paser Utara, VIVA – Sederet orang terkaya di Indonesia menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024. Tampak 4 orang taipan itu berderet duduk bersebelahan.

IHSG Menguat Lanjutkan Tren Positif, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Mereka adalah Prajogo Pangestu, orang terkaya nomor 1 di Indonesia saat ini yang merupakan pemilik Barito Grup, kemudian Sugianto Kusuma alias Aguan yang merupakan pemilik bisnis properti Agung Sedayu Group. Lalu, Franky Widjaja pemilik grup Sinar Mas dan Garibaldi Thohir alias Boy Thohir pemilik grup Adaro yang juga saudara kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir. 

Informasi yang dihimpun VIVA, Aguan diketahui merupakan pemimpin Konsorsium Nusantara, kumpulan perusahaan kakap yang paling jor-joran berinvestasi di IKN. 

Elon Musk Diramal Jadi Triliuner Pertama di Dunia pada 2027 Disusul Prajogo Pangestu

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Saat Groundbreaking Astra Biz Cender dan Nusantara Botanical Garden di IKN pada Selasa, 4 Juni 2024, Aguan turut memperkenalkan satu per satu perusahaan yang tergabung dalam konsorsiumnya di hadapan Presiden Jokowi. 

Deretan Taipan Ikut Pertemuan Jokowi dengan Paus di Istana

Dalam kesempatan tersebut, beberapa perusahaan dikenalkan yakni Astra Group, Sinar Mas, Grup Mulia, Kawan Lama Group, Alfamart Group, Adaro Energy, dan Barito Pacific. 

Pada tahun 2023 lalu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga memang sudah mengungkapkan beberapa konglomerat yang sudah siap berinvestasi di IKN. 

"Yang sudah masuk itu Pak Aguan, Pak Anthony Salim, kemudian Pak Franky Widjaja. Mereka sudah punya konsorsium," kata Bahlil di Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Prajogo Pangestu.

Prajogo Pangestu Punya Harta Rp1.218 Triliun, Lampaui Elon Musk

Prajogo Pangestu diramal akan memiliki harta mencapai satu triliun dolar AS pada 2028. Menariknya, tingkat pertumbuhan kekayaan Bos Barito Pacific itu melebihi Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024