Menhub Budi Ungkap Trem Otonom dan Bus Listrik di IKN Gratis hingga Desember 2024

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Ahmad Farhan Faris/VIVA.

Penajam Paser Utara, VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-79 di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pagi ini. Dalam kesempatan tersebut dia menyampaikan bahwa Autonomous Rail Transit (ART) atau trem otonom telah melakukan uji coba operasional saat ini.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Dia menyampaikan bahwa masyarakat bisa menggunakannya secara gratis ART tersebut hingga Desember 2024. Meskipun, belum beroperasi secara penuh.

"Untuk hari kemerdekaan ini sifatnya memberikan pelayanan secara gratis. Setelah itu, September-Oktober kita sambil lakukan testing, kesempatan itu masyarakat dipersiapkan gunakan gratis," ujar Budi, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Autonomous rail rapid transit (ART) atau trem otonom mengantar para tamu yang me

Photo :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Dia menjabarkan, nantinya ada dua trayek yang dilayani oleh ART ini. Yaitu dengan jarak 2 kilometer dan 7 KM. Namun, pada perayaan 17 Agustus saat ini masih dioperasikan pada jarak 2 km.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

"Trem autonomus sebenarnya ada 2 trainset tapi saat ini baru 1 kita operasikan.

ada 2 lub di ikn ini, besar itu 7 km dan ada lub kecil 2 km, pada 17 agustus ini dioperasikan lub kecil. Nanti pada saat dioperasikan pada lub 7 km. Sehingga semua kegiatan di IKN ini hotel, rumah sakit, kantor-kantor nanti bisa terkoneksi dengan feader ART ini," tegasnya.

Menhub Budi Karya Sumadi saat uji coba Trem Otonom di IKN [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Selain ART kata Budi, transportasi lainnya yang akan dioperasikan adalah bus listrik di IKN Nusantara. Namun, operasionalnya, belum akan dilakukan secara penuh.

"Secara SOP (Sandar Operasional Prosedur), kami mengoperasikan ART maupun bis listrik setiap hari, bahwa headway-nya secara maksimal bisa beroperasi 5 menit sekali, tapi pada saat operasi penduduk belum terlalu banyak mungkin headwayny abelum terlalu ketat," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya