Jauhi Bank Emok, Program Mekaar PNM Bantu Warga Bandung Capai Merdeka Finansial

Jokowi temui Nasabah PNM Mekaar
Sumber :
  • PNM

Jakarta, VIVA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku usaha ultra mikro di Indonesia agar terus maju dan bisa naik kelas.

Mengapa Generasi Milenial dan Gen Z Lebih Pilih Bank Digital? Ini Alasannya

Dalam momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 RI tahun ini, PNM pun bakal mengajak para pelaku usaha ultra mikro khususnya di wilayah Bandung, Jawa Barat, untuk benar-benar bisa merdeka terutama dari lilitan bank emok alias rentenir berbunga tinggi.

Hal itu sebagaimana yang dirasakan oleh seorang nasabah PNM Mekaar Cabang Bandung bernama Sartika Apriliani, yang mengaku merasa beruntung bisa jauh-jauh dari bank emok dan bergabung dengan kelompok Mekaar binaan PNM.

OJK Cabut Izin Usaha BPR Nature Primadana Capital, Begini Nasib Nasabahnya

Kisah tentang usaha nasabah PNM Mekaar

Photo :
  • PNM

"Jauh-jauh dengan bank emok yang menjerat. Kita maunya dekat dengan program Mekaar yang tidak hanya memberikan modal finansial, tetapi juga modal intelektual dan modal sosial. Jika kita ingin merdeka sesungguhnya, gabung program Mekaar," kata Sartika.

Tips Cerdas Maksimalkan Tabungan dan Investasi di Bank Digital

Sartika yang merupakan Ketua Kelompok Mekaar yang berbisnis warung sembako ini juga merasa bersyukur, karena kelompoknya bisa merasa terbantu dan membantu nasabah lain dalam upaya mendapatkan modal kerja. 

Dia merasa senang dengan pinjaman tanpa jaminan yang diberikan program Mekaar PNM, dan berharap semakin banyak ibu-ibu lain juga bisa terbantu dan dapat menjauhi lilitan bank emok tersebut.

"Bukan cuma modal usaha yang diberikan Mekaar, tapi juga pelatihan dan pendampingan usaha. Sejak 2016 saya bergabung menjadi nasabah Mekaar, dan saya merasakan usaha saya stabil dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga," ujarnya.

Jokowi temui Nasabah PNM Mekaar

Photo :
  • PNM

Diketahui, Program Mekaar dari PNM memang ditujukan untuk mengatasi kemiskinan bahkan kemiskinan ekstrem, dengan mengintegrasikan data dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Program Mekaar juga mengintegrasikan kemampuan, kapasitas, dan aset untuk memberikan nilai tambah kepada pelaku usaha ultra-mikro, melalui target memperluas kesempatan masyarakat dalam mengaktualisasikan kemampuan produktifnya.

Hal ini dilakukan oleh program Mekaar dengan memberikan permodalan bukan saja kepada masyarakat yang telah memiliki usaha, tapi juga kepada masyarakat yang belum memiliki usaha namun punya kemauan kuat berusaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya