Rupiah Dipatok Rp 16.100 per Dolar AS di RAPBN 2025, Kemenkeu Sebut Bentuk Hati-hati

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta, VIVA – Nilai tukar rupiah diasumsikan ada di kisaran Rp 16.100 per dolar AS pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu menjelaskan, ditetapkannya angka Rp 16.100 per dolar AS ini sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah.

Daftar 10 Kementerian/Lembaga Penerima Anggaran Terbesar di Tahun Pertama Prabowo

"Itu kita bentuk kehati-hatian saja. Karena kita juga melihat dalam jangka pendek ini kan sebenarnya peluang untuk rupiah tetap menguat itu cukup besar," ujar Febrio kepada wartawan di Kantor Pajak, Jumat, 16 Agustus 2024.

Febrio mengatakan besarnya peluang penguatan rupiah ini karena potensi penurunan suku bunga The Fed cukup besar. Selain itu, Febrio menyebut bahwa disiplin fiskal Indonesia sangat baik.

Rupiah Pagi Ini Menguat ke Rp 15.428 per Dolar AS

"Tadi kita tunjukkan juga dengan defisit yang 2,53 persen, itu adalah disiplin fiskal yang terus kita lanjutkan. Investor itu melihat bahwa Indonesia merupakan negara yang disiplin secara fiskal," jelasnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id
5 Kementerian dan Lembaga yang Dapat Anggaran Jumbo 2025, Sudah Konsultasi ke Prabowo

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu.

Photo :
Febrio pun mengatakan bahwa kepercayaan investor sudah cukup tinggi. Ini tercermin dari modal asing yang sudah masuk ke domestik dalam satu hingga dua pekan ini.

"Sehingga kita juga bisa melihat rupiahnya cukup ke arah stabil ya. Dan juga suku bunga kita juga membaik. Kita tetap akan waspada untuk perkembangan ke depan," imbuhnya.

Uang dolar AS dan rupiah.

Rupiah Pagi Ini Melemah ke Level Rp 15.420 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis, 12 September 2024. Rupiah melemah sebesar 18 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 15.420.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024