Strategi Pertamina Patra Niaga Distribusi BBM untuk Perayaan HUT RI ke-79 di IKN

Ilustrasi Pertamina Patra Niaga
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Dalam rangka mendukung perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN), Pertamina Patra Niaga membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG. Satgas ini diketahui telah aktif sejak 1 Agustus dan direncanakan akan beroperasi hingga 31 Agustus 2024.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah strategis untuk memastikan distribusi energi berjalan lancar. 

"Pertamina Patra Niaga telah meningkatkan stok bahan bakar di beberapa titik penting di sekitar IKN termasuk memastikan stok dan distribusi LPG. Selain itu, berbagai infrastruktur penunjang, termasuk mobil tangki dan fasilitas penyimpanan, telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama perayaan," kata Heppy, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat, 16 Agustus 2024.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Kalimantan Pertamina Patra Niaga, Arya Yusa Dwicandra, menambahkan Pertamina telah menyiapkan dan menyiagakan fasilitas penimbunan (storage) seperti Integrated Terminal (IT) Balikpapan, Aviation Fuel Terminal (AFT) Sepinggan dan APT Pranoto Samarinda. Untuk Kota Balikpapan terdapat 15 SPBU Reguler dan 2 SPBU Modular, sedangkan yang berada di Penajam Paser Utara ada 4 SPBU Reguler, 3 SPBU Mini, 4 Pertashop ,1 SPBU Modular, SPBU Kantong ada enam berupa mobil tangki, dua layanan kemasan, dan dua unit pickup kemasan dan 5 motoris.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

“Pada hari ini pun telah diresmikan 2 unit SPBU MyPertamina untuk menunjang distribusi energi di wilayah IKN. Kedua SPBU tersebut memiliki penampungan (storage) masing-masing sebesar 10 Kiloliter (KL), yang berlokasi di Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara dan di JL. letkol. Pol. H.M. Asnawi Arbain Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan," jelas Arya.

Pertamina Patra Niaga juga telah menjalin koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak untuk memastikan distribusi BBM dan LPG berjalan tanpa hambatan. Satgas yang bertugas siap siaga 24 jam untuk memastikan kebutuhan energi terpenuhi. Selain itu, pelatihan khusus juga telah dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons petugas lapangan.

Perusahaan juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan berbagai inisiatif ramah lingkungan, termasuk penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dan pengurangan emisi, sebagai bagian dari dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan di IKN.

"Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memastikan perayaan HUT RI ke-79 di IKN berjalan dengan baik dan sukses. Kami bangga dapat berkontribusi pada momen bersejarah ini bagi bangsa kita," ujar Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya