Termasuk IKN, Anggaran Infrastruktur Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo Rp 400,3 Triliun

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan anggaran infrastruktur pada 2025 atau tahun pertama Pemerintahan Prabowo sudah ditetapkan sebesar Rp 400,3 triliun. Hal itu diungkapkan Jokowi saat membacakan pidato RUU APBN 2025 beserta nota keuangannya. 

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

"Pembangunan infrastruktur dianggarkan sebesar Rp 400,3 triliun," kata Jokowi di gedung DPR/MPR, Jumat, 16 Agustus 2024. 

Jokowi menjelaskan, anggaran tersebut terutama untuk infrastruktur pendidikan dan kesehatan, infrastruktur konektivitas, infrastruktur pangan dan energi, serta keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Ridwan Kamil Bakal Contek Gaya 'Oke Gas' Prabowo saat Kampanye Pilkada Jakarta

Presiden RI JokowI di sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPR 2024.

Photo :
  • Istimewa

Dalam pidatonya kali ini, Jokowi tidak menjabarkan secara rinci berapa anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan IKN. 

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Sementara itu, anggaran transfer ke daerah yang direncanakan pada tahun 2025 adalah sebesar Rp 919,9 triliun. Jokowi menjelaskan, anggaran tersebut dialokasikan untuk meningkatkan sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah, harmonisasi belanja pusat dan daerah, serta mengurangi kesenjangan antar daerah dan memperkokoh kerja sama antar daerah. 

"Peningkatan Pendapatan Asli Daerah harus tetap memperhatikan iklim investasi, kemudahan berusaha, dan kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat akses dan kualitas layanan publik," katanya.

Presiden Jokowi dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie

Kata Jokowi Soal KADIN: Selesaikan di Internal Saja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbuka jika Anindya N Bakrie ingin bertemu dengannya usai resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024