Jokowi Bilang Program Makan Gizi Gratis untuk Dongkrak Kinerja UMKM

Presiden RI JokowI di sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPR 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Presiden RI Jokowi menyampaikan pentingnya arsitektur APBN 2025 untuk keberlanjutan dalam penguatan program unggulan dari pemerintah sekarang ke pemerintah yang akan datang. Jokowi bilang APBN 2025 dirancang untuk jaga stabilitas, inklusivitas, dan keberlanjutan demi meningkatkan pemerataan.

Kata Jokowi Soal KADIN: Selesaikan di Internal Saja

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR-Sidang Bersama DPR-DPD, Jumat, 16 Agustus 2024. Eks Wali Kota Solo itu mengatakan RI mesti harus terus melanjutkan reformasi struktural, menjaga kebijakan fiskal yang sehat serta kredibel.

"Dan, meningkatkan kolaborasi kebijakan fiskal, moneter, dan keuangan. Desain belanja dan pendapatan serta pembiayaan perlu dirancang fleksibel," kata Jokowi di komplek parlemen, Senayan, Jakarta.

Safety Jacket dari Kota Bunga Laris di Negeri Singa

Presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto di Sidang Tahunan

Photo :
  • (Ajeng Dinar Ulfiana/Pool Photo via AP)

Jokowi menambahkan untuk strategi kebijakan jangka pendek akan difokuskan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, menguatkan kesejahteraan dan pemerataan antar daerah.

VIP Voucher Ramaikan Festival Bazar UMKM di Balai Budaya Pandeglang

Dia pun menyebut program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang diproyeksikan juga untuk memberdayakan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kata Jokowi, program MBG juga akan memberdayakan ekonomi masyarakat kecil di daerah.

"Pertama, Makan Bergizi Gratis (MBG) diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah," jelas Jokowi.

Menurut dia, program MBG itu juga dilakukan secara bertahap. "Diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel," ujar Jokowi.


 

UMKM menjadi pilar penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia

Utamakan Edukasi dibandingkan Advokasi, Dirut BRI Sunarso Bagikan 5 Jurus Dorong UMKM Indonesia Maju

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perseroan telah memiliki strategi dalam memberdayakan UMKM sehingga layak dilirik oleh perbankan dan mendapatkan pembiayaan

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024