Jokowi Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Tahun Pertama Prabowo-Gibran 5,2 Persen

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pertumbuhan ekonomi pada 2025 ditargetkan sebesar 5,2 persen. Tahun ini pun menjadi masa awal pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pidato Presiden RI tentang RUU APBN Tahun Anggaran 2025 Beserta Nota Keuangannya di Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Pertumbuhan ekonomi diperkirakan sebesar 5,2 persen. Karena kondisi ekonomi global yang masih relatif stagnan, pertumbuhan ekonomi kita akan lebih bertumpu pada permintaan domestik," ujar Jokowi Jumat, 16 Agustus 2024.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Adapun untuk inflasi pada 2025 ditargetkan sebesar 2,5 persen, nilai tukar rupiah diperkirakan akan berada di sekitar Rp 16.100 per dolar AS, dan suku bunga SBN 10 tahun berada di 7,1 persen. 

KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran soal Pemberantasan Korupsi

Jokowi menegaskan, pemerintah juga akan selalu responsif terhadap dinamika moneter dunia. Sehingga, untuk harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan berada di US$82 per barel.

"Lifting minyak diperkirakan mencapai 600 ribu barel per hari dan gas bumi mencapai 1,005 juta barel setara minyak per hari," jelasnya.

Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Jokowi melanjutkan, Pemerintah akan terus mengupayakan peningkatan produk-produk yang bernilai tambah tinggi yang berorientasi ekspor. Hal ini didukung oleh insentif fiskal yang kompetitif dengan tetap menjaga keberlanjutan fiskal.

"Bauran antara fiskal, moneter, dan sektor keuangan akan dijaga untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas sistem keuangan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya