Menpan RB Ungkap 1.700 ASN Pindah ke IKN pada Oktober 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas mengungkapkan, sebanyak 1.700 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Oktober 2024 ini. 

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Adapun rencana pemindahan ASN ini mundur dari rencana sebelumnya yang akan dipindahkan pada September mendatang, Anas mengatakan mundurnya jadwal pemindahan ini karena hunian para ASN belum rampung dibangun. 

"Ini kan ada beberapa apartemen ASN yang sekarang sedang disempurnakan dan ini belum seluruhnya selesai. Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan arahan tidak dipaksakan di bulan September jika ini belum tuntas," ujar Anas kepada wartawan di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

ASN Kabupaten Tangerang menggelar halal bi halal usai apel hari pertama kerja

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Meski demikian, Anas mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan jika  ASN akan pindah ke IKN pada September-Oktober ini. Dalam hal ini pihaknya telah melakukan koodinasi dengan kementerian lembaga (K/L) terkait.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

"Kami sudah siapkan, dan Kemenpan-RB telah melakukan koordinasi dengan seluruh sekjen di K/L. sehingga kita tinggal menunggu kesiapan nanti di apartemen di ASN," terangnya.

Ibu Kota Nusantara (IKN)

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Anas menjelaskan, untuk bulan Oktober mendatang ada sebanyak 47 tower ASN yang sudah rampung. Dari jumlah itu 12 tower diperuntukkan bagi TNI/Polri.

"Nah kita kemarin skenario kan kalau satu apartemen, satu ASN berkeluarga itu 1.700. Tapi kalau sharing ada kurang lebih 3.200. Tetapi Presiden telah menyampaikan bahwa tidak sharing apartemennya bagi yang berkeluarga satu ASN, satu apartemen," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya