Optimalkan Penerimaan Negara, Ekonom Usul Kenaikan Cukai Rokok Moderat dan Multiyears

Rak rokok di minimarket (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

Jakarta, VIVA - Kebijakan cukai hasil tembakau (CHT) yang berlaku pada tahun 2023-2024, dinilai tidak efektif dalam mengoptimalkan penerimaan negara. Faktanya, realisasi penerimaan negara dari cukai justru mengalami penurunan, akibat kenaikan cukai sebesar 10 persen selama dua tahun berturut-turut. 

8 Hal Ini yang Buat Tiket Pesawat jadi Mahal

Executive Director Indonesia Budget Center, Elizabeth Kusrini, mengatakan penurunan realisasi penerimaan negara dari cukai rokok menunjukkan adanya tantangan dalam perumusan kebijakan cukai saat ini. 

“Kebijakan cukai (rokok) perlu terus dievaluasi dan disesuaikan agar dapat mengoptimalkan penerimaan negara sambil tetap mencapai tujuan kesehatan masyarakat,” kata Elizabeth dalam keterangannya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Jokowi Larang Menteri Buat Kebijakan Ekstrem yang Merugikan Masyarakat

Karenanya, dia mengusulkan kebijakan cukai rokok yang moderat dan multiyears, yang ada dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) Tahun 2025, dapat menjadi rujukan. Tujuannya untuk mengoptimalkan penerimaan negara dan menjaga stabilitas ekonomi. 

"Optimalisasi penerimaan negara sangat mungkin tercapai jika kenaikan cukai rokok dilakukan secara moderat dan terencana (multiyears), seperti yang diusulkan dalam KEM PPKF 2025," ujar Elizabeth.

Jokowi di Sidang Kabinet IKN: Jangan Ada 'Riak-Riak' Sampai Pemerintahan Baru Terbentuk

Dia berharap, rencana tersebut dapat segera dijalankan oleh pemerintahan baru, untuk meningkatkan penerimaan negara secara bertahap dan berkelanjutan.

Menurutnya, kebijakan CHT harus segera disahkan sebelum pemerintahan baru menjabat, untuk memastikan kepastian usaha bagi pelaku industri.

Sehingga penerimaan negara dapat dioptimalkan lebih awal, mengingat pertumbuhan ekonomi diproyeksikan mencapai 5,1-5,8 persen dengan inflasi 1,5-3,5 persen.

"Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dari cukai secara bertahap dan berkelanjutan, serta mengurangi dampak negatif terhadap konsumsi dan produksi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya