Komitmen ESG, BTN Terapkan Prinsip PBB Soal Perbankan Bertanggung Jawab

BTN Mobile.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta, VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN, menegaskan komitmen untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG), dalam setiap operasional bisnisnya.

Berbagai Program BRI untuk Mendukung Net Zero Emission di 2050

Direktur Risk Management BTN, Setiyo Wibowo mengatakan, komitmen itu terlihat dari kemauan kuat dan partisipasi BTN untuk menjadi anggota United Nations Environment Programme Financial Initiative (UNEP FI), pada tahun 2023 lalu.

"Tujuannya dalam rangka menjalankan prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perbankan yang Bertanggung Jawab atau UN Principles for Responsible Banking," kata Setiyo dalam keterangannya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Aipda Malvinas Ungkap Peran Rey Utami dalam Kesuksesannya

Mobile banking BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Dengan pengimplementasian komitmennya pada kinerja perbankan yang bertanggung jawab secara ESG itu, BTN pun berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam perhelatan ESG Initiatives Awards (EIA) 2024.

Tata Kelola yang Baik Jadi Bukti Komitmen sebuah Peruasahaan itu Baik

"Dalam ajang tersebut, BTN menjadi salah satu bank peraih penghargaan di antara 21 perusahaan dan individu," ujar Setiyo.

BTN tercatat menerima empat penghargaan, antara lain yakni Best ESG Investing Innovation, Best ESG Reporting & Transparency, Best Sustainable Finance Leadership, dan Best Integrated ESG Champion in Risk Management untuk Wilson Arafat selaku Enterprise & ESG Risk Management Division Head BTN. 

Setiyo memastikan, raihan penghargaan dalam bidang ESG ini membuktikan konsistensi BTN sebagai bank yang terdepan, dalam penerapan prinsip-prinsip ESG dan berbagai inovasinya. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam framework, inisiatif, dan roadmap ESG 2023-2028, yang telah dijalankan oleh BTN di seluruh aktivitas bisnisnya. 

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

"Tujuannya yakni dalam rangka mewujudkan misi ESG milik BTN, yakni 'Become the ESG Champion in the banking industry'," ujarnya.

Sebagai informasi, penghargaan ESG Initiatives Awards (EIA) 2024 merupakan ajang corporate rating, yang mengajak seluruh pelaku industri untuk terlibat dalam proses transformasi yang inovatif. Hal itu guna mengoptimalkan penerapan berbagai aspek keberlanjutan di Tanah Air, melalui tema 'Advancing Sustainability Through Innovative Transformation'.

Acara penghargaan ini juga berupaya mendorong kerja sama antara pemerintah, sektor bisnis, dan masyarakat sipil, dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi tantangan global. Perhelatan EIA 2024 diikuti oleh sekitar 400 perusahaan pada tahap seleksi awal, untuk memperebutkan 24 kategori. Terdiri dari 10 predikat korporat, dan 14 kategori lainnya untuk predikat individual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya